Alasan Airlangga Mundur dari Ketum Golkar: Jaga Keutuhan Partai

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 11 Agu 2024 14:54 WIB

Airlangga Hartarto menyatakan menyatakan pengunduran dirinya sebagai ketua umum Partai Golkar untuk menjaga keutuhan partai. Airlangga Hartarto menyatakan menyatakan pengunduran dirinya sebagai ketua umum Partai Golkar untuk menjaga keutuhan partai. (CNN Indonesia/Kadafi)

Jakarta, CNN Indonesia --

Airlangga Hartarto mengungkapkan argumen mundur sebagai ketua umum DPP Partai Golkar demi menjaga keutuhan partai dan memastikan stabilitas dalam masa transisi pemerintahan dari era Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Prabowo Subianto.

Hal itu dia sampaikan dalam sebuah video pernyataan kepada seluruh kader Partai Golkar nan diterima CNNIndonesia.com, Minggu (11/8).

"Saya Airlangga setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan," kata Airlangga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Airlangga saat ini menjabat sebagai menteri koordinator (menko) perekonomian dalam kabinet Jokowi. Tugas Airlangga sebagai menko terbilang berat mengingat ekonomi dunia nan tengah bergejolak.

Gejolak ekonomi dunia pun sedikit banyak berakibat pada ekonomi RI. Hal ini terlihat dari penurunan daya beli masyarakat. Selain itu, pengangguran dan ledakan PHK juga tengah menjadi pekerjaan rumah pemerintah.

Airlangga secara resmi menyatakan mundur sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar sejak Sabtu (10/8) malam. Ia lantas menyinggung Golkar merupakan partai besar dan dewasa.

Ia mengatakan DPP Golkar nantinya bakal menyiapkan sistem organisasi sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) nan bertindak untuk menemukan pengganti ketum baru.

"Semua proses ini dilakukan dengan damai, tertib dan junjung tinggi muruah Golkar," kata dia.

Ia turut menyinggung Golkar di masa kepemimpinannya dapat meningkatkan perolehan bunyi di Pileg 2024 lampau dengan memperoleh 102 bangku di DPR.

Kemudian dia mengatakan Golkar dapat meraih ribuan bangku di tingkat DPRD tingkat provinsi alias kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

"Selain itu dalam Pilpres kita sukses beri kontribusi besar dalam kemenangan Pak Prabowo dan Gibran," kata dia.

(mrh/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional