Alasan Golkar Kaji Jusuf Hamka Jadi Cagub DKI Usai Bertemu Kaesang

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus mengungkap argumen partainya mempertimbangkan pengusaha Jusuf Hamka sebagai calon gubernur di Pilkada Jakarta.

Golkar awalnya menawarkan Jusuf Hamka sebagai cawagub jika Kaesang memilih maju di Jakarta. Namun, belum sampai Kaesang memutuskan arah politik, partai beringin telah menugaskan Jusuf Hamka menjadi cagub atau cawagub di Jakarta.

Lodewijk mengatakan pada saat pertemuan Golkar dengan Kaesang beberapa waktu lalu, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa andaikan Kaesang mau maju di Jakarta, maka Golkar mempunyai calon wakil gubernur, ialah Jusuf Hamka alias Babah Alun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tetapi faktanya berkembang Babah Alun mendapatkan surat petunjuk sebagai bakal calon gubernur dan sebagai bakal calon wakil gubenur Daerah Khusus Jakarta. Jadi kita tunggu. Selama 10 hari ini kita lihat hasil surveinya kayak apa. Baru kita loncat satu tingkat ke atas untuk mengeluarkan surat keputusan," ujar Lodewijk dalam konvensi pers di Jakarta, Kamis (18/7).

Adapun Golkar mempertimbangkan Jusuf Hamka diusung maju sebagai bakal calon gubernur dan/atau bakal calon wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024.

Kepastian pencalonan Jusuf Hamka itu akan mempertimbangkan perkembangan elektabilitasnya.

"Untuk Jakarta, kita telah memberikan Instruksi, kepada Babah Alun, alias pak Jusuf Hamka. Orang katakan, 'Bapak Jalan Tol' ya. Nah, tugas nan diberikan kepada beliau adalah sebagai bakal calon gubernur, dan bakal calon wakil gubernur," jelas Lodewijk.

Lodewijk mengatakan tim pemenangan Pilkada Golkar bakal memantau perkembangan survei Pilkada Jakarta selama satu bulan ke depan.

"Kita bakal lihat perkembangan survei seperti apa. Masih ada waktu satu bulan ini. Kita bakal lihat survei alun seperti apa. Mudah-mudahan kita punya variabel pilihan bagus baik sebagai cagub alias cawagub," tutur Lodewijk.

Sebelumnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya menawarkan Jusuf Hamka andaikan putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, memilih maju di Pilkada Jakarta 2024.

Hal itu disampaikan Airlangga ketika Kaesang berjamu ke markas DPP Golkar di Jakarta Barat, Kamis (11/7) sore.

"Tadi Mas Kaesang, seandainya beliau memilih Jakarta, saya siapkan kader Golkar nan sudah malang melintang di prasarana ialah Babah Alun [Jusuf Hamka]," ujar Airlangga dalam konvensi pers berbareng Kaesang.

Seandainya Kaesang mau maju pilkada, kata Airlangga, maka Golkar bakal mendukung.

Nama Jusuf Hamka selama ini memang dikenal sebagai pengusaha dan identik dengan julukan 'bos jalan tol'.

Namanya beken di bumi usaha, khususnya jalan tol lantaran pendiri PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP).

Selain di bagian bisnis, Jusuf sekarang tetap menjabat sebagai Bendahara PBNU. Ia merupakan pendiri Warung Nasi Kuning untuk kaum duafa.

Nama Jusuf Hamka turut menghiasi bursa pertarungan Pilgub Jakarta nan saat ini turut melibatkan nama Anies Baswedan di sejumlah survei elektabilitas.

(thr/pop/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional