Alasan Induk Frisian Flag Indonesia Bangun Pabrik Terbesar di Cikarang

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - FrieslandCampina N.V., induk perusahaan PT Frisian Flag Indonesia (FFI), membangun pabrik terbesarnya di Sukamahi, Kecamatan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pabrik seluas 25,4 hektare dengan nilai investasi €257 juta alias Rp 3,8 triliun ini diresmikan hari ini, Selasa, 2 Juli 2024. "Saya pikir ini adalah pabrik terbesar di dunia," ujar Presiden Direktur PT FFI, Berend van Wel, saat ditemui di Pabrik FFI Cikarang, Jawa Barat, Selasa, 2 Juli 2024.

Berend mengatakan argumen pendirian pabrik berangkaian dengan sejarah nan cukup panjang. Frisian Flag telah dipasarkan lebih dari seratus tahun di Indonesia. Susu kental manis nan lebih dikenal dengan susu bendera itu beredar di pasaran sejak 1922. “Jika Anda telah berada di negara selama begitu lama, Anda kudu terus berinvestasi,” kata dia.

Sedangkan jika memandang ke depan, Berend mengatakan Indonesia mempunyai pertumbuhan nan sigap dengan sumber daya manusia melimpah. Dia mengatakan, ada lebih dari 270 juta prang nan sebagian besar di antaranya tetap muda dan enerjik. Bagi industri susu, dia menilai ada potensi untuk maju.

Pabrik baru ini bakal memproses 400.000 kilogram susu setiap hari. Dengan kata lain, setiap tahunnya pabrik ini bakal menghasilkan 700 juta kilogram produk susu. Potensi produksi tetap dapat bertumbuh hingga 1 miliar kilogram produk susu setiap tahun. Adapun jenis susu nan diproduksi ialah susu cair dan susu kental manis.

Iklan

Pabrik FFI Cikarang merupakan pabrik ketiga nan didirikan PT FFI sejak pabrik pertama di Pasar Rebo, Jakarta Timur pada 1971 dan pabrik ketiga di Ciracas, Jakarta Timur pada 1972.

Pilihan editor: Frisian Flag Indonesia Bangun Pilot Project Cari Model Terbaik Program Makan Gratis Prabowo

HAN REVANDA PUTRA

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis