Anak Buah Cak Imin: Keanggotaan Yahya dan Yaqut di PKB Otomatis Gugur

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 20 Agu 2024 09:31 WIB

Anak buah Cak Imin juga mengatakan Ketua Umum PBNU dan Menteri Agama itu juga tidak diundang dalam Muktamar PKB di Bali. Ketua Umum Yahya Staquf dan Menteri Agama Yaqut disebut tak lagi jadi personil PKB. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hanif Dhakiri menyatakan keanggotaan Yahya Cholil Staquf, Yaqut Cholil Qoumas dan Lukman Edy di PKB otomatis gugur.

Hanif pun menegaskan Ketua Umum PBNU, Menteri Agama dan eks Sekjen PKB itu juga tidak diundang dalam Muktamar PKB di Bali 24-25 Agustus mendatang.

"Pak Effendy Choirie ya pasti enggak diundang lantaran pengurus partai lain. Pak Yahya, Pak Lukman dan Pak Yaqut keanggotaannya otomatis gugur. Kan sudah kampanye partai lain dan apalagi menyerang dan merusak kehormatan partai di publik," kata Hanif dalam keterangannya, Selasa (20/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hanif menjelaskan hanya peserta muktamar dan tamu undangan nan diizinkan memasuki arena Muktamar PKB di Bali. Di luar itu tidak diizinkan masuk.

Hanif juga menjelaskan tokoh-tokoh tadi tak diundang dalam Muktamar PKB lantaran berkampanye untuk partai lain pada pemilu alias menyerang dan merusak kehormatan partai. Ia menganggap para tokoh tersebut tidak loyal pada partai dan apalagi merusak partai.

"PKB sudah sukses pada Pemilu lampau dengan penambahan bangku di legislatif di beragam tingkatan. Nah, mereka ini tidak mendukung apalagi menyerang kita (PKB) di ranah publik," tegasnya.

"Jadi umpama saja mereka istiqomah di PKB, mau bersama-sama membesarkan PKB, ya tentu dan pasti kami undang," tambahnya.

Para peserta Muktamar PKB adalah pengurus DPP, utusan DPW, utusan DPC, ketua dan Anggota FPKB DPR RI, serta Ketua Badan Otonom dan lembaga tingkat pusat.

Selain itu, tamu undangan juga bakal datang atas undangan DPP PKB selaku penyelenggara muktamar. Termasuk di dalamnya adalah ketua negara hingga ketua partai politik.

Hubungan antara PKB dan PBNU belakangan ini makin memanas. PBNU sempat memanggil elite dan mantan pengurus PKB untuk dimintai keterangan mengenai hubungan PKB dan PBNU.

Bahkan, baru-baru ini PBNU menggelar pertemuan dengan para ustad di Pesantren Tebuireng, Jombang.

Di forum itu, para ustad menyepakati 'Mandat Tebuireng' untuk disampaikan kepada Rais Aam PBNU untuk membenahi PKB. Gus Yahya juga telah mengumpulkan para ketua PWNU dan PCNU seluruh Indonesia.

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional