Anak Hamzah Haz: Bapak Meninggal di Rumah, Jatuh saat Mau Salat Duha

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 24 Jul 2024 16:19 WIB

Pihak family mengatakan Hamzah Haz meninggal setelah terjatuh di rumah, bukan di RSPAD Gatot Subroto seperti berita nan beredar di media sosial. Jenazah Hamzah Haz disemayamkan di rumah duka, Jalan Tegalan, Matraman, Jakarta Timur, pada Rabu (24/7/2024). (CNN Indonesia/Taufiq Hidayatullah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pihak family mengatakan Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz meninggal dunia setelah terjatuh di bilik pada Rabu (24/7) pagi.

Anak Hamzah Haz keempat, Nur Agus Haz memastikan ayahnya tidak sedang berada di RSPAD Gatot Subroto seperti nan beredar di media sosial.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Enggak ada sama sekali. Jadi memang meninggalnya pada waktu di bilik aja," ujarnya kepada wartawan di rumah duka.

Agus menjelaskan dirinya sedang berada di luar rumah saat mendengar berita Hamzah Haz terjatuh di kamarnya. Ia menduga ayahnya terjatuh saat hendak melaksanakan salat duha selepas bangun tidur.

"Saya persis ada aktivitas di luar, saya lenyap itu ditelpon ada bapak jatuh, setelah saya bilang jangan dulu diapa-apain. Tunggu dulu saya datang," tuturnya.

"Kalau saya perhatikan bapak dalam keadaan bangun tidur mau salat duha. Biasanya selalu pegang lemari, mungkin jangkauannya jauh, mungkin itu jatuh seluruh badan, jadi tidur seperti biasa," imbuhnya.

Lebih lanjut, Agus mengatakan sang ayah juga tidak dalam keadaan sakit ketika meninggal pada pagi ini. Ia apalagi mengaku tetap sempat berbincang pada malam sebelumnya.

"Tidak (sakit) sama sekali. Malam sempat bicara sama saya, tidak ada sama sekali. Beraktivitas biasa saja," pungkasnya.

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla ikut melayat ke rumah duka. Dia mengenang sosok Hamzah Haz sebagai pribadi nan mencintai masjid. Menurutnya Hamzah Haz merupakan salah satu tokoh Islam nan dimiliki bangsa dengan pemikiran nan cemerlang.

"Saya turut berduka, beliau ini orang masjid, jadi saya kehilangan orang nan giat mencintai masjid," tuturnya.

Hamzah Haz wafat pada Rabu (24/7). Dia bakal dimakamkan di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Prosesi pemakaman bakal dipimpin langsung oleh Menko Polhukam Hadi Tjahjanto.

Hamzah Haz merupakan wakil presiden nan mendampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Ia menjabat wakil presiden pada 2001 hingga 2004.

Sebelum itu, Hamzah Haz juga pernah menjabat sebagai Menteri Investasi pada era Presiden BJ Habibie. Hamzah Haz juga pernah menjadi Wakil Ketua DPR RI serta Menko Kesra era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

(tfq/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional