Analis Proyeksikan Rupiah Bisa Menguat ke Rp14.700 per Dolar AS di Akhir Tahun

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Nilai mata duit rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali menguat. Merujuk info RTI, hingga pukul 12:50 WIB, rupiah berada di level Rp15.568 per dolar AS alias menguat 0,75 persen.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi memprediksikan jika rupiah bisa mempertahakan pergerakan positifnya ini, maka ada angan nilai mata duit rupiah bisa menembus nomor Rp14.700 per dolar AS di akhir tahun 2024. 

“Harus diingat bahwa resisten kunci itu di Rp15.500 (per dolar AS). Kalau seandainya Rp15.500 ini tembus, ada kemungkinan besar di akhir tahun rupiah ini bakal (menyentuh level) Rp14.700,” tutur Ibrahim melalui aplikasi perpesanan, Senin siang, 19 Agustus 2024.

Salah satu penyebabnya, dia menjelaskan, adalah neraca perdagangan nasional nan mencatatkan surplus pada Jumat kemarin dibandingkan dengan negara-negara nan lainnya. Kemudian, Ibrahim menilai, keputusan Presiden Joko Widodo namalain Jokowi untuk melakukan reshuffle kabinet pada Senin pagi ini juga mendorong penguatan rupiah. 

Selain itu, pasar juga merespons positif terhadap pidato Presiden nan memamerkan sederet capaian prasarana nan telah dilakukan selama 10 tahun memimpin Indonesia dalam Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD RI pada Jumat, 16 Agustus 2024 lalu. 

Iklan

Sementara merujuk info eksternal, para pelaku pasar percaya bahwa Bank Sentral AS namalain The Fed bakal memangkas suku kembang pada 18 September, meski tetap memperdebatkan besarnya pengurangan tersebut. Kata Ibrahim, kesempatan saat ini berada di 25 persen untuk pemotongan 50 pedoman poin nan sangat besar, alias turun dari 36 persen sehari sebelumnya, menurut FedWatch Tool dari CME Group.

Untuk pergerakan perdagangan Senin, Ibrahim memprediksi rupiah tetap bergerak fluktuatif, namun bakal ditutup menguat. “Mata duit rupiah (diproyeksikan) naik turun namun ditutup menguat di rentang Rp 15.640 hingga Rp15.720,” kata dia. 

Pilihan Editor: Rupiah Ditutup Menguat di 15.694 per USD, Analis: Pasar Respons Positif Pidato Kenegaraan Jokowi

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis