Andra Soni Pede Kalahkan Airin di Banten Meski Survei Tertinggal

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Bakal calon gubernur Banten nan juga Ketua DPD Partai Gerindra Andra Soni optimistis bakal mengalahkan politikus Golkar Airin Rachmi Diany di Pilkada Banten 2024.

Andra mengatakan support partai dan mesin politik pendukungnya mumpuni untuk mengantarkan dirinya dan Dimyati Natakusumah menjadi Gubernur dan Wagub Banten.

"Insya Allah dengan support partai-partai nan telah kami terima dengan struktur nan ada dan kemudian simpatisan nan ada Insya Allah kami punya kepercayaan kontestasi ini bakal kita menangkan," kata Andra usai menerima support PSI di Jakarta, Kamis (18/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada saat nan sama, Andra juga menanggapi elektabilitasnya di survei Litbang Kompas nan tetap tertinggal dari Airin.

"Insya Allah survei bakal kita jadikan sebagai bahan untuk gimana kita bisa terpotret, aktivitas kita, pendapat kita oleh masyarakat," ujarnya.

Bersamaan, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menyebut telah berbincang dengan Andra perihal itu. Ia menyebut Andra telah memaparkan rencananya untuk menggapai elektabilitas nan lebih tinggi lagi ke depan.

Kaesang pun menyampaikan hasil survei Litbang Kompas itu bakal jadi bahan pertimbangan dalam mengambil langkah ke depan.

"Dan kenapa dari DPP PSI memilih pak Andra Soni sebagai cagub walaupun di survei tetap rendah? Ini kan bukan masalah survei tinggi alias survei rendah tapi komitmen beliau buat Banten," ucap Kaesang.

Perihal berbeda sikap dengan Golkar, Kaesang menyebut berhadapan di kontestasi pilkada merupakan perihal nan lumrah.

Golkar dengan PSI berada di kubu nan sama pada Pilpres 2024 lalu, mereka mendukung Prabowo-Gibran dan tergabung di Koalisi Indonesia Maju.

"KIM itu solid, jikalau kudu bertanding di pilkada ya itu kan biasa saja, tapi nan krusial kami di KIM mempunyai tujuan sama untuk membenahi dan memperbaiki dan membikin Indonesia jauh lebih baik ke depannya," ujarnya.

Selain PSI, Andra Soni-Dimyati telah mendapat support dari Gerindra, PKS, PKB, NasDem, PAN, dan PPP. Total tujuh partai itu mengantongi 61 bangku dari 100 bangku DPRD.

Berdasarkan konstelasi politik terkini, Pilkada Banten diprediksi bakal mempertandingkan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Gerindra dan Golkar diprediksi kuat bakal berlawanan.

Sementara Golkar sejauh ini mendorong eks Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany maju. PDIP sebelumnya juga menyiapkan Ketua DPD PDIP Banten untuk mendampingi Airin.

(mnf/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional