Angga Raka Prabowo Menjadi Wakil Menteri Komunikasi: Ada Misi Tertentu

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamen Kominfo) Angga Raka Prabowo menganggap penunjukan dirinya menjadi Wamen Kominfo sepenuhnya kewenangan prerogatif Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Politikus Gerindra itu enggan menjawab perihal rumor pergantian Wamen Kominfo ini untuk kemulusan transisi pemerintah baru nantinya.

“Mungkin beliau (Jokowi) ada misi-misi tertentu. nan jelas kami berkoordinasi dengan pak Menteri (Budi Arie) dan pak Wamen sebelumnya (Nezar Patria),” katanya di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Senin, 19 Agustus 2024.

Angga mengatakan, dalam kedudukan barunya itu, bakal membantu Budi Arie dalam penyelenggaraan tugasnya sebagaimana pesan Jokowi saat pelantikan di Istana. “Kami lakukan percepatan. Dari presiden terpilih menjalankan amanah ini sebaik-baiknya,” ujarnya.

Menganggap mendapatkan amanah, Angga berbicara bakal bertanggung jawab dengan waktu nan singkat, ialah sekitar dua bulan. Menurut dia, krusial sekali berkoordinasi di internal Kominfo guna percepatan target-target nan sudah ditentukan.

“Nanti kami koordinasikan, nan krusial kami konsentrasi satu tujuan gimana caranya percepatan ini biar bisa tercapai semua. Semua jadi fokusnya jika kita lihat dari Pak Menteri, termasuk perlindungan info pribadi,” ujarnya.

Iklan

Sebelumnya, Budi Arie menyatakan penunjukan Angga Raka dikarenakan tugas Kementerian Kominfo sangat berat. Sejumlah perihal nan kudu dituntaskan dalam waktu singkat. Seperti: Aturan turunan dan kelembagaan utk penyelenggaraan UU Perlindungan Data Pribadi; Percepatan pemberantasan gambling online; perbaikan arsitektur dan tata kelola info nasional; dan Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk pelayanan publik.

Angga Raka sudah menjadi kader Partai Gerindra sejak 2008. Ia menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra.

Daniel A. Fajri berkontribusi dalam tulisan ini. 

Pilihan Editor: Ekonom Indef: Warisan Utang Jokowi bakal Menyulitkan Pemerintahan Prabowo

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis