Anies Bongkar Mayoritas Isi Pembicaraan dengan PDIP DKI

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkap isi pembicaraan dalam pertemuan tertutup di instansi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta, kemarin.

Eks calon presiden nomor urut satu itu berjamu ke markas Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta, Sabtu (24/8). Pertemuan Anies dengan PDIP menjadi nan kedua dalam sepekan terakhir.

Apa saja nan dibicarakan?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

[Gambas:Instagram]

"Dalam pertemuan dengan ketua @pdiperjuangan kemarin kami mendapatkan pengalaman menarik. Hampir semua pembicaraan adalah soal gagasan, ideologi dan kebangsaan, serta masa depan Indonesia dan dunia," ungkap Anies, di akun Instagram-nya, Minggu (25/8).

Ia pun mengaku diberi oleh-oleh berupa buku.

Berdasarkan unggahan tersebut, buku-buku itu antara lain Geopolitik Bung Karno; Bung Karno, Islam, dan Pancasila; Menangis dan Tertawa Bersama Rakyat; Pokok Pikiran Bung Karno; Berpolitik Membangun Peradaban; Ensiklopedia Keislaman Bung Karno, hingga kitab berjudul Pancasila dengan tulisan arab.

"Senang sekali saat pulangnya diberi oleh-oleh deretan buku. Terima kasih!" saya Anies.

[Gambas:Twitter]

Dalam unggahannya yang terpisah, Sabtu (25/8), Anies mengungkap silaturahminya ke DPD PDIP Jakarta berisi "tukar pikiran, menyelaraskan visi dengan para pengurus dan kader DPD PDIP tentang gimana agar pendapat kebangsaan, pemikiran Bung Karno tentang keindonesiaan, keagamaan."

"Itu bisa melangkah seiring dan membikin suasana di Jakarta aman, teduh, damai," imbuhnya.

Anies menyebut pembicaraan kedua pihak juga menyinggung soal "keberpihakan kepada mereka nan kecil, nan lemah. Membesarkan nan mini tanpa mengecilkan nan besar."

Terkait pertemuan itu, Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Ady Widjaja mengatakan pihaknya membuka kesempatan mengusung Anies di Pilkada Jakarta 2024.

"Insyaallah," ucap dia, ketika ditanya soal kecocokan Anies dengan partainya.

Sebelum berjumpa PDIP Jakarta, Anies, tak lama setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nan membuka kesempatan pencalonan meski hanya oleh PDIP, berjumpa dengan Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah.

"Saya berjumpa beliau di tanggal 20 Agustus kemarin, satu jam setelah keputusan Mahkamah Konstitusi. Kami berbincang banyak, perbincangan kebangsaan, obrolan tentang ajaran-ajaran pemikiran-pemikiran Bung Karno, hubungan antara Islam dan Nasionalis, dan juga bicara tentang kebinekaan dan lain sebagainya," kata Basarah, di sela-sela Muktamar PKB ke-6 di Bali, Sabtu (24/8).

Soal kepastian pengusungan Anies di Pilgub Jakarta, Basarah mengaku DPP PDIP tetap menunggu laporan dari DPD PDIP Jakarta.

"Kita lihat kelak perkembangannya, teman-teman DPD DKI Jakarta bakal melaporkan kepada DPP," kata dia. "Apa hasil pembicaraan mereka dengan Mas Anies pada siang hari ini tadi."

(tim/arh)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional