Anies Buka Suara soal Kans Jadi Kader PDIP

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 25 Agu 2024 17:50 WIB

Anies mengatakan saat ini tetap mempelajari pemikiran-pemikiran Bung Karno sesuai pengarahan dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Anies mengatakan saat ini tetap mempelajari pemikiran-pemikiran Bung Karno sesuai pengarahan dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbicara soal kans dirinya berasosiasi jadi kader dari PDI Perjuangan (PDIP).

Anies tidak menjawab secara lugas ihwal kesiapan dirinya jika kudu menjadi kader PDIP untuk maju di Pilgub DKI Jakarta 2024. Ia mengatakan bakal memandang perjalanan nan bakal dilaluinya.

"Pokoknya kita lihat perjalanan nanti," ujar Anies dalam konvensi pers di Posko Pemenangan Partai Buruh, Jakarta, Minggu (25/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anies mengatakan saat ini tengah mempelajari pesan-pesan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri nan disampaikan dalam pertemuan dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) DKI Jakarta pada Sabtu (24/8).

Dia menjelaskan dalam pertemuan itu, dirinya banyak berbincang soal ideologi dan pendapat Sukarno sesuai pengarahan dari Megawati. Pasca pertemuan itu, Anies mengaku diberikan sejumlah kitab unik mengenai pemikiran-pemikiran Bung Karno untuk dipelajari.

"Sekarang saya belajar dulu, baca dulu, pelajari dulu, dan memastikan titipan pesan-pesan tadi saya bisa pahami dengan baik dan diskusikan dengan baik," tuturnya.

Sebelumnya, DPD PDIP DKI Jakarta memberi sinyal support kepada Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta 2024. Pernyataan itu disampaikan Ketua DPD PDIP DKI Ady Wijaya alias kerap disapa Aming usai menerima kunjungan Anies di instansi DPD PDIP Jakarta, Sabtu siang.

Aming menyebut PDIP telah mempunyai kesamaan dengan Anies, terutama menyangkut komitmen terhadap konstitusi dan patokan main. Politisi PDIP Masinton Pasaribu nan datang pada kesempatan itu pun menyatakan PDIP bakal menyambut dengan tangan terbuka jika Anies mau menjadi kader.

Peluang Anies diusung PDIP di Pilkada DKI terbuka setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 60. Melalui putusan itu, MK menyatakan partai alias campuran partai politik peserta pemilu bisa mengusulkan calon kepala wilayah meski tidak punya bangku DPRD.

Partai nan tidak memperoleh bangku DPRD, tetap bisa mengusung paslon selama memenuhi syarat presentase nan dihitung dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Syarat parpol dan campuran parpol bisa mengusung paslon ialah memperoleh bunyi sah dari 6,5 persen hingga 10 persen, tergantung pada jumlah pemilih tetap di provinsi itu.

PDIP nan hanya punya 15 bangku di DPRD DKI Jakarta pun bisa mengusung pasangan calon sendiri. Hari ini, DPR berbareng pemerintah dan KPU juga sudah menyepakati revisi PKPU menyesuaikan putusan MK.

(tfq/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional