Anies Klaim Pernah Beri Kunci Rusun ke Warga Kampung Bayam

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 14 Jun 2024 16:06 WIB

Anies Baswedan menyatakan pernah memberi kunci rusun kepada penduduk gusuran Kampung Bayam. Namun berdasar penelusuran, tak ada penduduk nan menempati hingga sekarang Anies Baswedan menyatakan sudah pernah menyerahkan kunci rusun kepada penduduk Kampung Bayam saat tetap menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta (CNN Indonesia/ Khaira Ummah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Anies Baswedan mengklaim sudah pernah menyerahkan kunci rusun kepada warga Kampung Bayam saat tetap menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Kala itu, penduduk Kampung Bayam kena gusur imbas pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

"Sebetulnya kan waktu itu kuncinya udah diberikan kok, ini kan tinggal penuntasan saja, bangunannya sudah ada dan mereka berasal dari sana," ujarnya kepada wartawan, Jumat (14/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anies mengaku heran persoalan Kampung Bayam nan tak kunjung selesai. Dia menyatakan sudah menyerahkan kunci rusun kepada penduduk saat tetap menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Ia lantas mempertanyakan kenapa penduduk Kampung Bayam saat ini terlunta-lunta. Di sisi lain, Kampung Susun Bayam nan semestinya menjadi tempat tinggal mereka juga sudah selesai dibangun.

"Kalau saja ini bicara tentang rumah kedua, barangkali boleh itu ada proses nan rumit. Tapi ini pilihannya adalah terkatung-katung, alias tinggal di tempat nan sudah disiapkan," jelasnya.

Berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com, polemik tempat tinggal bagi penduduk Kampung Bayam imbas dari pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Kala itu, Pemprov DKI nan dipimpin Anies Baswedan selaku gubernur menggusur penduduk Kampung Bayam dan menjanjikan kediaman baru berupa Kampung Susun.

Pada 27 Maret 2022, Anies juga menjanjikan rumah susun nan dilengkapi lahan agar penduduk Kampung Bayam bisa menanam sayur-sayuran di kediaman nan baru.

Pada 12 Oktober 2022, Anies meresmikan Kampung Susun Bayam nan terdiri dari tiga tower berlantai empat.

Selang empat hari kemudian alias pada 16 Oktober, masa kedudukan Anies sebagai gubernur telah habis. Hingga masa kedudukan Anies selesai, penduduk tetap tak bisa menempati Kampung Susun Bayam.

(tfq/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional