Antisipasi Lonjakan Penumpang, Operasional Tambahan KA Manahan Diperpanjang sampai Akhir Bulan Ini

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Solo - PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias PT KAI Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta memperpanjang operasional tambahan Kereta Api alias KA Manahan hingga 31 Mei 2024. Hal itu untuk mengantisipasi tetap tingginya permintaan tiket KA untuk bidang Solo-Jakarta selepas libur panjang peringatan Kenaikan Yesus Kristus 2024 pada Rabu-Minggu, 8-12 Mei lalu. 

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro menuturkan tercatat volume penumpang KA, naik (berangkat) dan turun (datang), pada masa libur panjang Kenaikan Yesus Kristus sebanyak 221.498 penumpang. Jumlah itu merupakan akumulasi dari jumlah keberangkatan dan kehadiran penumpang KA di stasiun Daop 6.

"Selama libur panjang kenaikan Yesus Kristus, terdapat 110.262 penumpang KA nan berangkat dan 111.236 penumpang KA nan datang," ujar dia kepada wartawan di Kota Solo, Jawa Tengah, Senin, 13 Mei 2024. 

Adapun volume penumpang nan datang dan berangkat pada periode peak season itu, dia menyebut lebih tinggi 25 persen dari periode nan sama di pekan sebelumnya nan mengangkut sebanyak 177.409 penumpang. Sementara puncak keberangkatan penumpang di Daop 6 terjadi pada Minggu, 12 Mei 2024 nan mencapai 28.181 penumpang. 

"Jumlah itu merupakan jumlah nan nyaris sama dengan jumlah puncak arus kembali pada Lebaran tahun ini nan mencapai 28.186 penumpang," ungkap dia. 

Dengan tren volume penumpang nan tinggi ini, pihaknya mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan KA dengan sebaik-baiknya pada saat peak season. Hal itu mengingat bakal ada libur panjang lagi di bulan Mei ini dalam rangka Hari Raya Waisak. Untuk itu, Daop 6 Yogyakarta memperpanjang pengoperasian KA Manahan tambahan pada tanggal tertentu hingga 31 Mei 2024. 

Iklan

KA Manahan tambahan (No. KA 7015) itu dengan relasi Solo Balapan-Gambir PP, dioperasikan pada tanggal 16-20 Mei, 22-27 Mei, 30 Mei, dan 31 Mei 2024. Keberangkatan KA tersebut pada jam 21.50 WIB dan tiba pukul 06.48 WIB.  

"Masyarakat bisa memesan tiket di mana pun dan kapan pun melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, ataupun chanel lainnya nan bekerja sama dengan KAI," tuturnya. 

Dia mengatakan Daop 6 Yogyakarta terus berkomitmen untuk memberikan jasa perjalanan KA nan nyaman dengan kecermatan waktu tempuh nan dapat diprediksi sehingga libur panjang dapat dinikmati masyarakat secara maksimal. 

"Ratusan petugas juga siap membantu mewujudkan perjalanan transportasi umum kereta api nan kondusif dan selamat dengan terus memastikan sarana dan prasarana tetap handal di setiap kilometernya," ujar dia. 

Pilihan Editor: KA Pandalungan Tabrak Mobil di Pasuruan, PT KAI: Pengguna Jalan Harus Dahulukan Kereta

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis