AP II Pastikan Sistem IT Maskapai di Bandara Soetta Sudah kembali Normal

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

TEMPO.CO, JakartaPT Angkasa Pura II (AP II)memastikan sistem teknologi dan info (information and technology/IT) milik maskapai penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, saat ini sudah kembali normal.

Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro di Tangerang, Ahad, 21 JUli 2024, menyampaikan, sejak Sabtu 20 Juli 2024 sistem IT di dua maskapai nasional ialah AirAsia Indonesia dan Citilink telah dapat digunakan kembali untuk memproses keberangkatan penumpang pesawat.

"Sistem IT milik beberapa maskapai kemarin sempat mengalami gangguan, akibat dari gangguan sistem IT secara global. Adapun sistem IT milik AP II sebagai operator 20 airport sama sekali tidak mengalami gangguan alias tetap normal," katanya.

Dia menuturkan, selama terjadi gangguan sistem IT dunia pada maskapai penerbangan dilakukan koordinasi nan baik di antara stakeholder, sehingga sukses meminimalisasi akibat dari gangguan tersebut.

Ia juga mengungkapkan, dalam penanganan persoalan sistem IT, AP II menyiagakan lebih banyak personel aviation security (Avsec) serta customer services, dan membuka lebih banyak konter check in untuk memperlancar proses keberangkatan penumpang pesawat. "Kami berterima kasih atas support seluruh pihak termasuk penumpang pesawat sehingga akibat dari gangguan sistem IT nan terjadi kemarin dapat diminimalisir," kata Cin Asmoro.

Iklan

Sebelumnya, akibat terjadinya gangguan secara dunia pada operasi peralatan Microsoft, sejumlah sistem jasa check in counter penumpang penerbangan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, ikut terdampak pada Jumat (19/07).

Dampak akibat gangguan IT tersebut, berpengaruh pada jasa penumpang. Terjadi antrean panjang di gate 4E, check in counter maskapai Citilink di Terminal 3 Bandara Soetta pada Jumat malam. Dengan situasi tersebut, pengelola airport serta maskapai penerbangan pun menambah petugas pelayanan sebagai langkah penguraian penumpukan penumpang. Terlihat juga, sejumlah petugas melayani proses check in tiket calon penumpang dengan melakukannya secara manual.

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis