Arifin Tarif Sebut Biodiesel B40 Bisa Dijalankan Tahun Depan: Sudah Ada Kesepakatan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut pemerintah bakal mempercepat penerapan biodiesel B40 Adapun B40 merupakan campuran solar dengan bahan bakar nabati (BBN) sebanyak 40 persen.

"Tahun ini sudah mulai masuk ke biodiesel B35. Insyaallah tahun depan B40 sudah bisa jalan, sudah ada kesepakatan," ujar Arifin, dikutip dari keterangan resmi, Senin, 5 Agustus 2024.

Menurut Arifin, pada kuartal II tahun 2024, bidiesel sudah terealisasi 6,2 juta kiloliter alias 54,2 persen dari sasaran tahunan sebanyak 11,3 kita kiloliter. Nantinya, melalui program B40, pemerintah bakal meningkatkan mengambil biodiesel berbasis kelapa sawit di beragam jenis kendaraan. Ia berujar, setelah B40 diuji coba di industri mobil empat tahun lalu, tahun ini uji coba bakal difokuskan pada perangkat pertanian dan industri perkeratapian.

"Selanjutnya bakal ada industri pertambangan dan perangkat berat, serta perangkat perkapalan dan pembangkit listrik, nan bakal dimulai dalam waktu dekat di Balikpapan, Kalimantan Timur," tutur Arifin. Secara keseluruhan, dia memperkirakan ada kebutuhan 16 juta kiloliter B40.

Selain B40, Arifin melanjutkan, pemerintah sedang menyiapkan kebjakan pemanfaatan bioetanol sebagai campuran bahan bakar bensin. Ia menyatakan bioetanol nan dihasilkan dari bahan baku, seperti tebu dan singkong, berpotensi mengurangi emisi karbon dan meningkatkan ketahanan daya nasional. 

Selain mengurangi emisi karbon, menurut Arifin,  peningkatan konsumsi biodiesel juga berakibat positif pada perekonomian dengan menciptakan lapangan kerja baru. "Termasuk mengurangi ketergantungan pada impor bahan bakar fosil," kata dia.

Pilihan Editor: Menteri ESDM Arifin tasrif Umumkan Prospek Enam Lapangan Migas Bisa Dongkrak Lifting Minyak

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis