Arifin Tasrif soal Isu Posisinya sebagai Menteri ESDM Bakal Digantikan Bahli: Tunggu Saja

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menghadiri rapat di Istana Kepresidenan Jakarta, Juli 2024. Namun, dia enggan berkomentar banyak ketika ditanya ihwal rumor pencopotan dirinya sebagai menteri energi.

“Ya, tunggu saja,” kata Arifin usai rapat. Ia tidak menjawab ketika ditanya wartawan, apakah sudah mengetahui rumor reshuffle tersebut. “Kan, Anda nan ngomong.”

Sebelumnya, seorang petinggi Koalisi Indonesia Maju menceritakan kepada Tempo bahwa Arifin berpotensi diganti karena dia lebih condong ke PDIP. Koran Tempo mewartakan ini pada Selasa, 30 Juli 2024.

Posisi Arifin disebut-sebut bakal digantikan oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Bahlil dinilai cocok menjadi Menteri ESDM lantaran berilmu memimpin Satuan Tugas Penataan Penggunaan Lahan dan Penataan Investasi.

Narasumber nan sama menyebut Bahlil sudah lama digadang-gadang menjadi menteri ESDM. Mereka nan dekat dengan Bahlil membenarkan soal kemungkinan bos mereka menjadi Menteri ESDM nan baru.

Ditemui wartawan di kompleks Kementerian ESDM pada Selasa, 30 Juli 2024, Arifin tidak membantah berita pergantian dirinya. “Insya Allah,” ujar Arifin, dikutip dari Antara.

Arifin meminta kepada publik untuk menunggu saja berita selanjutnya tanpa menepis berita nan beredar. “Kalau betul (diganti), memang kenapa?” ujar Arifin berkelakar ketika didesak untuk memberi penjelasan lebih lanjut.

Adapun pada hari itu, berdasarakan pantauan Antara di Kantor Kementerian ESDM, sejumlah pejabat eselon I Kementerian ESDM terlihat menyambangi tempat Arifin berbareng Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, nan juga merupakan Plt Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas), berkantor.

Pejabat eselon I nan terpantau tiba di lokasi, ialah Plt Direktur Jenderal Minerba Bambang Suswantono; Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Eniya Listiana Dewi; serta Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu.

Selain para pejabat eselon I, Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto juga terlihat menyambangi Kantor Kementerian ESDM. “Saya ke sini dalam rangka mencari tahu soal itu (pergantian menteri),” ujar Sugeng.

Sugeng tidak memberi konfirmasi maupun menepis mengenai berita pergantian menteri. Meskipun demikian, dia meminta kepada publik untuk menghormati kewenangan prerogatif Presiden dalam memilih menteri.

Sementara itu,  Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membantah Presiden Jokowi bakal melantik sejumlah menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam waktu dekat. "Tidak ada agenda pelantikan menteri baru di IKN seperti isu-isu nan beredar," kata Ari dalam pesan tertulis kepada media nan diterima di Jakarta, Selasa.

Ari juga menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada rencana agenda perombakan (reshuffle) kabinet. "Tidak betul. Sampai saat ini belum ada rencana/agenda reshuffle kabinet," kata Ari.

Pilihan Editor: Dikabarkan Bakal Digantikan Bahlil Lahadia, Menteri ESDM Arifin Tasrif: Kalau Benar Memang Kenapa?

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis