Bahlil Lahadalia: Saham Pemerintah di Freeport hingga Lahan untuk Sukanto Tanoto

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia ditunjuk menjadi Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol di Kabupaten Merauke, Papua Selatan. Satgas buatan Presiden Jokowi ini dibentuk sebagaimana Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 15 Tahun 2024 tertanda tangan Presiden per 19 April 2024. Belakangan Bahlil juga membicarakan soal saham di Freeport dan Ibu Kota Nusantara alias IKN.

1. Kepemilikan Saham di Freeport

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan, rencana pemerintah menambah kepemilikan saham sebanyak 10 persen di PT Freeport Indonesia (PTFI) sekaligus memperpanjang perjanjian Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) perusahaan hingga 2061 adalah upaya mendukung hilirisasi. Kata Bahlil pembelian saham pemerintah terhadap PTFI sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk membangun hilirisasi di Indonesia, khususnya pada ekosistem kendaraan listrik.

“Sekarang Freeport sudah menjadi perusahaan milik pemerintah Indonesia, lantaran kita sudah mayoritas. Kita beli kurang lebih sekitar nyaris 4 miliar dolar Amerika (AS). Dan, dari pendapatan itu, sekarang dividen 2024 sudah nyaris lunas dengan pendapatan itu," kata Bahlil saat mengisi kuliah umum di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Kamis, 2 Mei 2024, dikutip Antara.

2. Riset Investasi di IKN

Bahlil Lahadalia membuka akses seluas-luasnya bagi akademisi Universitas Lambung Mangkurat untuk melakukan riset investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. "MoU telah disepakati antara saya dan rektor berangkaian peran ULM dalam mendukung kemajuan IKN melalui aktivitas riset dan sebagainya termasuk kajian investasi," kata Bahlil di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis, 2 Mei 2024, dikutip Antara.

3. Bantah Investasi Dikuasai Cina

Bahlil Lahadalia membantah jika investasi di Indonesia selama ini dikuasai oleh Cina lantaran penanammodal terbanyak Indonesia justru berasal dari Singapura. Data BKPM menunjukkan, Singapura telah menduduki posisi sebagai negara penanammodal terbesar di Indonesia setidaknya sejak tahun 2019.

“Jadi sangat tidak betul jika ada orang-orang nan mengatakan bahwa investasi nan masuk ke Indonesia dikuasai satu negara, ialah Cina,” kata Bahlil saat mengisi kuliah umum di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis, 2 Mei 2024, dikutip Antara.

Menurut info nan sama, pada 2023 Singapura menjadi sumber investasi terbesar bagi Indonesia, diikuti Cina, Hong Kong, Jepang, Malaysia, dan Amerika Serikat.

4. Ketua Satgas Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol

Iklan

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Ketua Satgas Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol. Bahlil bakal mempercepat fasilitasi investasi komoditas tebu nan terintegrasi dengan industri gula, bioetanol, dan pembangkit listrik biomasa di Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan.

"Total rencana investasi perkebunan tebu terintegrasi swasta klaster tiga diperkirakan mencapai 5,62 miliar dolar Amerika alias Rp83,27 triliun," kata Bahlil dalam rapat perdana nan digelar pada Rabu, 30 April 2024, dikutip dari siaran pers Kementerian Investasi. 

5. Perpanjangan Kontrak Freeport

Bahlil mengatakan proses perpanjangan perjanjian Freeport yang bakal lenyap pada 2041 nyaris selesai. Bahlil menyebut izin PT Freeport Indonesia berpotensi diperpanjang agar bisa melakukan aktivitas pertambangan hingga 2061.

"Tinggal kita tunggu PP-nya (Peraturan Pemerintah) saja," kata Bahlil Ketika ditemui wartawan di Kementerian Investasi, Senin, 29 April 2024. Menurut Bahlil, perjanjian Freeport memang perlu diperpanjang. Sebab, puncak produksi Freeport diperkirakan terjadi pada 2035.

6. Lahan untuk Sukanto Tanoto di IKN

Bahlil Lahadalia  mengatakan, pengusaha Indonesia, Sukanto Tanoto, bakal berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Menurut Bahlil, rencana investasi pendiri sekaligus chairman Royal Golden Eagle (RGE), golongan perusahaan dunia bergerak di bagian manufaktur berbasis sumber daya, itu sedang diproses.

"Sekarang lagi saya tangani untuk permintaan lahannya," kata Bahlil di Kementerian Investasi pada Senin, 29 April 2024. "Jadi,  kami bakal mempersiapkan lahannya dulu."

RIRI RAHAYU | ANTARA

Pilihan Editor: Bahlil Janji Percepat Investasi untuk Swasembada Gula dan Bioetanol

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis