Bambang Pacul Belum Terpikir Maju Pilgub Jateng: Itu Jalan Raja

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang 'Pacul' Wuryanto menyatakan dirinya belum terpikir untuk maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2024.

"Begini Adinda, dikau tahu Bambang Pacul mengambil jalan ksatria. Jalan ksatria, gubernur itu jalan raja, oke? Jadi jalan ksatria mau change ke jalan raja, kan gitu lho. Nah dikau mengerti lah jika saya pribadi sampai hari ini belum ada pemikiran ke sana. Oke?" kata Pacul di Sleman, DIY, Jumat (14/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pacul menyerahkan kepada Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri mengenai sosok nan bakal direkomendasi untuk posisi calon gubernur Jateng nanti.

Terlebih, masa pendaftaran peserta pemilihan kepala wilayah serentak 2024 baru mulai dibuka 27 Agustus besok. Bagi Pacul, tetap ada cukup waktu untuk penggodokan nama.

"Itu kelak ketua umum saja. Kita tunggu," ujarnya.

Pacul pun menegaskan posisinya sebagai ketua DPD PDIP Jateng. Strategi untuk pertempuran di Pilkada 2024 tentu bakal disiapkan.

"Sebaik-baiknya bisa kita siapkan, belajar dari kekalahan (Pilpres 2024) kemarin. Saya tidak berpikir ke sana (maju Pilgub Jateng), berpikir itu semestinya sebagai ketua partai, tentu saya sudah bicara-bicara dengan kawan-kawan itu. Saya begitu kalah terus muter ke seluruh karesidenan kok, saya diskusikan," katanya.

"Bahwa soal siapa nan bakal direkom, tinggal tergantung tanda tangan ketua umum. Misalnya itu nan dikasih rekom adalah Petruk, Bambang Pacul bakal tempur untuk Petruk, untuk Gareng, Bambang Pacul bakal tempur untuk Gareng. Saya tegak lurus," ujarnya menambahkan.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP sebelumnya mengakui mempertimbangkan nama Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto namalain Bambang Pacul untuk diusung maju dalam Pilgub Jateng pada Pilkada serentak 2024.

Ketua DPP PDIP, Eriko Sotarduga menyebut Bambang Pacul menempati nama teratas di internal partainya untuk diusung di Jateng. Selain Bambang Pacul nan juga Ketua DPD PDIP Jateng, ada pula eks Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi namalain Hendi.

"Kalau kami sampai saat ini ketua DPD kita jujur saja, ya memang itu nan mengemuka di tingkat struktural. Mas Bambang Wuryanto, Mas Hendi," katanya di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (10/6).

Eriko mengakui partainya relatif lebih mudah untuk mengusung kader internal di Pilgub Jawa Tengah, lantaran bisa memajukan calon tanpa kudu berkoalisi dengan partai lain.

(kum/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional