Bamsoet dan AGK Tak Maju Calon Ketum Golkar, Dukung Bahlil Aklamasi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 19 Agu 2024 20:43 WIB

Wakil Ketua Umum Golkar Bambang Soesatyo dan Agus Gumiwang Kartasasmita mendukung Menteri ESDM Bahlil Lahadalia sebagai calon Ketum Golkar nan baru. Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo dan Agus Gumiwang Kartasasmita bakal mendukung Menteri ESDM Bahlil Lahadalia sebagai ketum Golkar nan baru. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum Golkar Bambang Soesatyo mengumumkan dia dan Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) tidak bakal maju sebagai calon Ketua Umum Golkar periode 2024-2029 dalam Munas Golkar nan digelar Selasa (20/8).

Bamsoet dan AGK bakal mendukung Menteri ESDM Bahlil Lahadalia sebagai Ketum Golkar nan baru.

"Melihat situasi politik nan berubah total, saya, Agus Gumiwang dan Bahlil Lahadalia telah berembuk dan sepakat untuk mendukung salah satu dari kita sebagai Ketum Partai Golkar. Hasilnya, saya dan Agus Gumiwang sepakat mendukung Bahlil Lahadalia sebagai Ketum Partai Golkar periode 2024-2029. Dalam Munas XI Partai Golkar nanti, kemungkinan besar bakal memilih Bahlil Lahadalia secara aklamasi," kata Bamsoet dalam keterangan resminya, Senin (19/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bamsoet menjelaskan langkah ini dibuat agar soliditas partai tetap terjaga serta menghindari dinamika nan bisa membikin retak Partai Golkar.

Bamsoet menjelaskan sebelum Airlangga Hartarto mundur sebagai Ketum Partai Golkar, ia bersama Agus Gumiwang dan Bahlil sebetulnya sepakat bakal maju sebagai calon Ketum Partai Golkar di Munas yang diselenggarakan pada Desember 2024. Namun, sekarang situasi berbeda.

"Keutuhan dan soliditas Partai Golkar merupakan nan utama. Dinamika nan terjadi di Partai Golkar dengan mundurnya Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar kudu disikapi dengan bijak. Diperlukan kesadaran kolektif nan kudu dibangun seluruh kader Partai Golkar untuk berbareng menyelamatkan Partai Golkar," ujar dia.

Bamsoet pun memastikan dinamika nan terjadi di tubuh Partai Golkar tidak bakal mengganggu pencalonan kepala wilayah dari Partai Golkar dalam Pilkada 2024. Termasuk, mensukseskan pelantikan presiden terpilih dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Soliditas antar kader pun tidak perlu diragukan. Berbagai ujian telah dialami Partai Golkar, namun 'Pohon Beringin' tetap berdiri tegak. Terbukti, Partai Golkar selalu berada di posisi atas dalam perolehan suara, baik dalam pemilihan legislatif maupun pemilihan kepala daerah," kata dia.

Adapun Bahlil diklaim sudah mengantongi support dari 38 DPD Golkar tingkat provinsi untuk maju jadi calon Ketua Umum Golkar. Ketua Dewan Pembina Bappilu Golkar Idrus Marham percaya Bahlil akan terpilih secara aklamasi.

(rzr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional