Bamsoet MPR Usul Dana Bantuan untuk Partai Politik Dinaikkan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mengusulkan kenaikan biaya support partai politik (Banpol) kepada partai pemilik bangku parlemen.

Pernyataan itu disampaikan Ketua MPR, Bambang Soesatyo namalain Bamsoet saat menemui Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) namalain AHY di instansi pusat Partai Demokrat, Jakarta, Selasa (16/7).

"Saya kira, selain itu juga biaya partai politik juga kudu dipikirkan kembali," kata Bamsoet dalam bertemu pers usai pertemuan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Politikus Partai Golkar itu mau biaya banpol dari dari Rp1000 per bunyi sah menjadi Rp10 ribu. Menurut dia, besaran kenaikan tersebut juga telah sesuai kajian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Tidak hanya seribu rupiah per bunyi Karena berasas kajian KPK nan ideal negara membiayai partai politik itu agar berkurang masalah-masalah nan terjadi, korupsi dan lain-lain itu adalah Rp10 ribu," kata dia nan juga dikenal sebagai Wakil Ketua Umum Golkar tersebut.

Namun, Bamsoet juga memahami bahwa finansial negara belum bisa memenuhi standar ideal tersebut.

Dia mengatakan MPR periode 2019-2024 masih bakal mengkaji usulan itu dan bakal menyerahkannya ke MPR periode selanjutnya, termasuk presiden terpilih nan bakal dilantik beberapa bulan lagi.

"Kita bakal bukukan dalam sebuah arsip nan kelak kita bagikan kepada kawan-kawan partai. Saya kira itu nan disampaikan sebelumnya," katanya.

Aturan biaya support parpol tertuang dalam PP Nomor 1 Tahun 2018. Di dalamnya menyebut partai politik di tingkat pusat nan mendapatkan bangku DPR berkuasa menerima support finansial senilai Rp1.000 per bunyi sah.

Saat ini, berasas hasil pemilu 2019, PDIP menjadi partai dengan penerima support parpol terbanyak sebesar Rp27,05 miliar. Berturut-turut Gerindra Rp17,59 miliar, Golkar Rp17,23 miliar, PKB Rp13,57 miliar, NasDem Rp12,66 miliar, PKS Rp11,49 miliar, Demokrat Rp10,88 miliar, PAN Rp9,57 miliar, dan PPP Rp6,32 miliar.

(thr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional