Viral Wapres ke-6 Try Sutrisno Tak Disalami Jokowi, Istana Buka Suara

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 07 Okt 2024 15:12 WIB

Viral video Jokowi tidak berjabatan tangan dengan Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno saat menghadiri peringatan HUT TNI ke-79. Istana menyatakan Jokowi sebelumnya sudah memberikan salam penghormatan kepada Try Sutrisno sebelum aktivitas berlangsung.Foto: (Tangkapan layar YouTube Puspen TNI)

Jakarta, CNN Indonesia --

Istana Kepresidenan buka bunyi usai viral potongan video nan memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak berjabatan tangan dengan Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno saat menghadiri peringatan HUT TNI ke-79 di area Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menjelaskan Jokowi sejatinya telah memberikan salam penghormatan kepada Try sebelum aktivitas berlangsung.

"Bapak Presiden sudah salaman dan menyapa Wakil Presiden ke-6 Bapak Try Sutrisno beserta Ibu di Holding VVIP room," kata Yusuf dalam keterangannya, Senin (7/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Yusuf pun memastikan Jokowi senantiasa menghormati para tokoh pemimpin Indonesia terdahulu.

"Bapak Presiden sangat menghormati semua komponen masyarakat apalagi dengan para tokoh pemimpin bangsa," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi terlihat menyalami sejumlah tokoh di mimbar kehormatan usai salam kebangsaan dilaksanakan.

Jokowi dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin nan berada di belakangnya tampak menyalami Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla dan Wakil Presiden ke-11 Boediono.

Setelah itu, Jokowi melewati Try Sutrisno nan berdiri berbareng Istrinya. Try pun langsung duduk kembali usai Jokowi tak menyapanya.

Jokowi langsung menyambut tangan Istri mendiang Presiden keempat Abdurrahman Wahid namalain Gus Dur, Shinta Nuriyah Wahid dan putri Gus Dur, Yenny Wahid. Setelahnya, Jokowi kembali duduk ke tempat duduknya untuk melanjutkan prosesi upacara.

Try Sutrino adalah Wakil Presiden ke-6. Ia mendampingi Presiden Soeharto dari tahun 1993 hingga 1998 menggantikan Soedharmono. Purnawirawan TNI ini juga pernah menjabat sebagai Panglima ABRI dan Kepala Staf Angkatan Darat.

(khr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional