Bandara Maumere NTT Tutup 2 Bulan, Dampak Erupsi Gunung Lewotobi

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaBandara Frans Seda di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), sudah tidak beraksi selama dua bulan terakhir akibat dampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur.

"Kurang lebih sudah dua bulan ini tidak ada operasi alias aktivitas penerbangan di Bandara Frans Seda, lantaran erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki," kata Kepala Bandara Frans Seda Maumere Partahian Pandjaitan saat dihubungi dari Kupang, Senin, 9 September 2024.

Hal ini disampaikan mengenai perkembangan dari akibat erupsi Gunung Ile Lewotobi Laki-Laki nan sampai saat ini tetap erupsi.

Dia mengatakan penutupan sementara airport tersebut lantaran berasas pantauan tetap ada abu vulkanik nan dibawa oleh angin dan sampai ke wilayah penerbangan di Bandara Frans Seda Maumere.

Setiap malam pukul 21.00 WITA, kata dia, dilakukan pertimbangan berbareng berangkaian dengan abu Vulkanik. "Jadi memang kita tidak langsung tutup selama sebulan, tetapi setiap hari kita evaluasi, jika memang tidak memungkinkan maka besok ditutup lagi," ujar dia.

Lebih lanjut, kata dia, selain airport di Maumere, airport di Ende juga terdampak oleh abu vulkanik tersebut sehingga sempat ditutup beberapa hari.

Iklan

Yang paling kondusif saat ini adalah airport di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, nan hingga sekarang tetap terus dibuka lantaran abu vulkanik tidak sampai ke wilayah tersebut.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat aktivitas kegempaan Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur tetap tinggi.

"Berdasarkan hasil kajian dan pertimbangan secara menyeluruh dari pemantauan visual dan instrumental menunjukkan aktivitas visual dan kegempaan pada Gunung Lewotobi Laki-laki tetap tinggi. Tingkat aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki ditetapkan tetap pada Level III alias Siaga," kata Kepala PVMBG Badan Geologi P. Hadi Wijaya.

Pilihan Editor: Terkini: Toyota Raize dan Innova Zenix Viral usai Ditumpangi Paus Fransiskus, Prabowo Naikkan Gaji ASN Tahun Depan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis