Banjir Rendam 87 Desa di Kalimantan Tengah

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 03 Jun 2024 13:08 WIB

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 87 desa di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah terendam oleh banjir pada Senin (3/6). Ilustrasi. BNPB melaporkan sebanyak 87 desa di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah terendam oleh banjir pada Senin (3/6). ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 87 desa di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah terendam oleh banjir pada Senin (3/6).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa berasas catatan tim campuran di lapangan setidaknya ada 5.728 unit rumah penduduk terendam banjir dengan ketinggian muka air 60-100 centimeter itu.

Bangunan rumah nan terdampak tersebar di 87 desa dalam wilayah manajemen sembilan kecamatan; Marikit (17 desa), Katingan Tengah (13), Katingan hulu (10), Sanaman Mantikel (9), Pulau Malan (9), Tewang Sangalang Garing (9), Tasik Payawan (8), Petak Melai (6) dan Katingan Hilir (6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia mengungkapkan, banjir terjadi setelah Kabupaten Katingan diguyur hujan berintensitas deras sejak Sabtu (25/5) awal hari, membikin empat air sungai besar meluap; Sungai Katingan, Senamang, Bemban dan Samba.

Selain pemukiman penduduk luapan air sungai itu juga merendam sebanyak 36 unit gedung akomodasi pendidikan, 34 unit akomodasi kesehatan, 42 akomodasi ibadah dan 25 unit gedung perkantoran.

Beruntung tidak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun Pusdalops BNPB mencatat setidaknya sebanyak 12.123 family nan terdiri dari 28.589 orang menjadi korban terdampak hingga sebagian kudu dievakuasi ke pengungsian.

BNPB merekomendasikan agar Pemerintah Kabupaten Katingan alias apalagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk menetapkan status tanggap darurat musibah selama 14 hari ke depan sehingga segenap upaya penanggulangan bisa melangkah dengan cepat.

Pasalnya, kajian cuaca mendapatkan Kalimantan Tengah tetap berkesempatan dilanda hujan lebat disertai petir dan angin kencang nan memungkinkan terjadi banjir susulan alias musibah lainnya dalam beberapa hari ke depan.

(Antara)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional