INFO BISNIS — PT Bank Mandiri (Persero) Tbk terus berinovasi demi meningkatkan kualitas jasa finansial bagi nasabahnya. Salah satu inisiatif terbaru nan diluncurkan adalah jasa verifikasi Bank Garansi (BG) nan dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan lebih dalam bertransaksi. Inovasi ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam memverifikasi keaslian BG dengan mudah dan sigap melalui Mandiri Call 14000, sebuah jasa berbasis mesin penjawab nan aktif 24 jam.
Bank Garansi sendiri merupakan produk perbankan nan memberi agunan kepada pihak penerima (beneficiary) bahwa pihak pemohon (applicant) akan memenuhi kewajibannya. Apabila tanggungjawab tersebut kandas dipenuhi, bank nan menerbitkan BG bakal bertanggung jawab sesuai nilai nan dijamin. Dengan demikian, produk ini sangat krusial dalam menjamin kelancaran transaksi bisnis, meningkatkan kepercayaan mitra bisnis, serta mengurangi akibat kegagalan transaksi.
Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri, Eka Fitria, mengungkapkan bahwa peningkatan jasa ini bermaksud untuk memudahkan pengguna dalam melakukan verifikasi BG, baik dalam corak rupiah maupun kurs asing, sekaligus untuk mencegah potensi akibat dalam transaksi bisnis. “Keamanan dan kenyamanan pengguna adalah prioritas utama Bank Mandiri. Kami terus berupaya menghadirkan jasa inovatif nan responsif terhadap kebutuhan pengguna untuk menciptakan rasa kondusif dalam setiap transaksi,” kata Eka, Kamis, 7 November 2024.
Layanan verifikasi BG ini mencakup proses sederhana nan dapat diakses langsung oleh nasabah. Untuk memverifikasi BG, pengguna cukup menghubungi Mandiri Call 14000, memilih bahasa, dan mengikuti petunjuk dengan menekan nomor 4 untuk jasa Bank Garansi, dan nomor 1 untuk konfirmasi. Selanjutnya, pengguna perlu memasukkan info penting, seperti nomor Bank Garansi, nilai BG, dan tanggal berhujung BG. Setelah info dimasukkan, mesin penjawab bakal memberikan status pencatatan BG di manajemen Bank Mandiri, sehingga pengguna dapat langsung mengetahui keasliannya tanpa kudu mendatangi instansi cabang.
Inovasi jasa verifikasi BG ini melengkapi pilihan lain nan telah disediakan Bank Mandiri sebelumnya melalui aplikasi digital Kopra Mobile App. Aplikasi ini memungkinkan proses konfirmasi BG nan lebih sigap dengan fitur pemindaian QR Code pada warkat BG, sehingga semakin memudahkan pengguna dalam memastikan keaslian BG secara digital.
Sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan pangsa pasar Bank Garansi nan mencapai 34,6 persen dari total industri perbankan per Agustus 2024, Bank Mandiri terus berupaya memperkuat posisinya di segmen ini. Melalui penambahan fitur jasa verifikasi BG 14000 dan aplikasi Kopra, Bank Mandiri optimistis bisa terus memberikan nilai tambah dan kemudahan kepada nasabahnya. Eka menyampaikan, “Inovasi ini merupakan corak nyata dari komitmen Bank Mandiri untuk menjaga kepercayaan pengguna serta memperkuat ekosistem finansial nan kondusif dan terpercaya.”
Selain memberikan kenyamanan dan keamanan, jasa ini juga membantu pengguna dalam menjalankan upaya dengan lebih percaya diri. Proses transaksi upaya menjadi lebih efisien dan cepat, lantaran verifikasi Bank Garansi nan tadinya memerlukan waktu lebih lama sekarang dapat dilakukan secara langsung dari telepon alias melalui aplikasi, tanpa perlu mengunjungi bank. Hal ini sangat relevan di tengah era digital, di mana pengguna menginginkan proses perbankan nan efisien, cepat, dan tetap aman.
Layanan verifikasi BG ini diharapkan dapat menjadi solusi nan signifikan bagi beragam sektor upaya nan berjuntai pada agunan perbankan. Dengan adanya kemudahan verifikasi ini, Bank Mandiri juga mendukung suasana upaya nan sehat dan berkepanjangan di Indonesia, terutama bagi perusahaan nan mempunyai kebutuhan transaksi besar dan mengandalkan agunan perbankan sebagai dasar transaksi bisnisnya.
Bank Mandiri mengundang pengguna nan mau mengetahui lebih lanjut mengenai jasa verifikasi Bank Garansi untuk mengunjungi situs resmi mereka di bmri.id/BG14000 alias menghubungi jasa pengguna di Mandiri Call 14000.(*)
Artikel ini terbit di bawah titel Bank Mandiri Hadirkan Layanan Verifikasi Bank Garansi