Bappenas Gelar Green Economy Expo 2024 Hari ini, Bahas Rencana Aksi Ekonomi Sirkular

Sedang Trending 2 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) bakal mengadakan Green Economy Expo pada Rabu, 3 Juli 2024. Acara dengan tajuk Green Economy Expo 2024: Advance Technology, Innovation, dan Circularity ini rencananya bakal berjalan pada 3-5 Juli di Cendrawasih Room Jakarta Convention Center (JCC). 

Sebelumnya, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas, Vivi Yaswati, mengatakan aktivitas ini merupakan upaya pemerintah beralih bentuk menuju ekonomi hijau dan sirkular. Forum ini diharapkan menjadi penampung pengembangan teknologi, inovasi, dan ekosistem sirkular. “Untuk menjembatani pemerintah dengan pihak non-pemerintah mencari solusi penerapan ekonomi hijau dan mencapai sasaran Net Zero Emissions di Indonesia,” kata Vivi kepada wartawan di area Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Juni 2024.

Vivi berambisi Green Economy Expo 2024 ini bisa menjadi katalisator kerjasama antara beragam pemangku kepentingan dengan industri, pemerintah, akademisi dan masyarakat. Tujuannya, kata dia, untuk mencari solusi secara bersama-sama tentang penerapan penemuan ekonomi hijau. “Bersama-sama mencari solusi inovatif dan mendorong ekonomi hijau,” kata dia.

Selain itu, Vivi juga menyebut aktivitas ini untuk memamerkan penemuan terbaru soal teknologi hijau dan ekonomi sirkular. Oleh lantaran itu, dari beragam buahpikiran dan penemuan ini, Vivi menyebut bakal terjadi pertukaran buahpikiran dan mempercepat mengambil teknologi. “Dapat memberikan faedah ekonomi dan lingkungan nan luas,” kata dia.

Green Economy Expo 2024 merupakan platform untuk mengatasi bottleneck regulasi, NSPK, dan pendanaan dengan mempertemukan para pemangku kepentingan. Tujuannya disebut untuk mendorong perbincangan bangunan mencari solusi bersama.

Iklan

Selama tiga hari penyelenggaraan aktivitas tersebut, Kementerian PPN/Bappenas membaginya menjadi tiga subtema. Pada hari pertama, bakal ada perbincangan tentang The Circular Leap: Roadmap, Action, and Strategic Collaboration. Kedua, bakal digelar perbincangan Industrial Decarbonization through Circular Practice. Ketiga, bakal ada perbincangan bertema Bio-innovation: Catalyst for Cicularity. 

Dalam aktivitas ini, bakal ada peluncuran dua arsip tentang ejawantah dari Green Economy Expo 2024. Dua arsip itu berupa Peta Jalan dan Rencana Aksi Ekonomi Sirkular di Indonesia dan Peta Jalan Penurunan Susut dan Sisa Pangan (Food Loss and Waste).

Pilihan editor: Green Economy Expo 2024 Digelar 3-5 Juli, Bappenas Akan Bahas Ekonomi Hijau

ADIL AL HASAN

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis