Baru DIpuji Airlangga sebagai Indikator Pertumbuhan Ekonomi, Ace Hardware Pamit

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta -  Ace Hardware pamit dari Indonesia per 31 Desember 2024, padahal kehadiran jaringan ritel perkakas asal Amerika Serikat itu, baru disebut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjadi salah satu parameter pertumbuhan ekonomi nasional.

"Berapa jumlah Alfamarat, Indomaret, Ace Hardware, itu menjadi parameter ekonomi nasional. Berapa outlet iBox, itu juga jadi parameter daya beli ritel kita," ujar Airlangga dalam pembukaan Indonesia Retail Summit 2024 di Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2024.

Airlangga menyebut, berasas laporan World Bank pertumbuhan sektor konsumsi alias ritel di Indonesia terus tumbuh sejak 2022. Mal di Indonesia termasuk dalam jejeran pusat perbelanjaan nan terbaik dan modern khususnya di wilayah Jakarta.

Penutupan itu dilakukan setelah pemegang lisensinya PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk tidak melanjutkan perjanjian lisensi dengan ACE Hardware International Holdings, Ltd. nan bakal berhujung pada 31 Desember 2024, setelah menjalin kerja sama 29 tahun.

"Hal ini sejalan dengan konsentrasi dan rencana pengembangan upaya perusahaan di masa mendatang untuk menjawab tren pasar dan preferensi konsumen nan terus berevolusi," demikian siaran pers PT Aspirasi nan dikutip dari Informasi Keterbukaan Bursa Efek Indonesia, 3 September 2024.

Toko ritel jejak Ace Hardware bakal berganti nama, namun belum diumumkan. “Kami sangat percaya bahwa persiapan matang nan sedang kami upayakan ini bisa mempertahankan posisi Perusahaan sebagai pemimpin pasar, mempertahankan daya saing nan kuat di industri ritel, semakin relevan dengan kebutuhan setiap pelanggan, serta memberikan akibat positif nan lebih besar terhadap seluruh pemangku kepentingan," kata Direktur PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk, Gregory S. Widjaja. 

Ia mengatakan, perusahaannya berkomitmen untuk menghadirkan ragam penemuan produk dan jasa nan lebih sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi hidup pengguna di Indonesia. Perusahaan optimis dapat melangkah lebih jauh menciptakan pertumbuhan upaya nan lebih relevan dan berkelanjutan, serta meningkatkan pengalaman berbelanja pengguna menjadi sumber inspirasi untuk kehidupan nan lebih baik.

Perusahaan sekarang tengah menyiapkan peluncuran identitas merek baru nan mencerminkan komitmen terhadap kualitas dan pelayanan terbaik, nan dijadwalkan bakal diperkenalkan kepada seluruh pengguna pada awal tahun 2025.

Ace Hardware di Indonesia datang 29 tahun lampau dan sekarang mempunyai 241 jaringan toko nan tersebar di 73 kota di Indonesia, nan juga datang secara omni-channel melalui ruparupa.

Iklan

Airlangga: Sektor Ritel Jakarta Didukung Kelas Menengah 

Menko Perekonomian Airlangga mengatakan, sektor ritel di Jakarta kuat lantaran pendapatan per kapitanya sudah melewati jebakan pendapatan kelas menengah alias middle income trap.

Rata-rata pendapatan di Jakarta, sebut Airlangga, telah mencapai 20.000 dolar AS alias Rp300 juta per tahun. Hal ini nan mendorong berdirinya sejumlah pusat-pusat perbelanjaan.

"Sebetulnya jika kita monitor pertumbuhan ekonomi itu bisa monitor, jenis ritel di kota itu bisa mencerminkan berapa level income per kapita," katanya seperti dikutip Tempo.

Lebih lanjut, Pemerintah bakal terus menjaga daya beli masyarakat kelas menengah dengan memberikan beragam program support seperti support iuran untuk BPJS Kesehatan, kartu prakerja hingga subsidi energi.

"Jadi inilah program alas nan dilakukan oleh pemerintah agar setiap masyarakat punya akses saving untuk daya beli dan juga untuk ke depan. Middle classkita kan cirinya adalah nan dibeli alias nan dibelanjakan itu beyond food and beverage, jadi selain makanan dan minuman," kata Airlangga.

Pilihan Editor Kronologi Indofarma Kolaps: Terjerat Pinjol, Tak Bisa Bayar Pegawai sampai Jual Aset

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis