Baru Saja Diluncurkan di Indonesia, Apa Itu YouTube Shopping?

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - YouTube Shopping baru saja diluncurkan di Indonesia. Kabar ini menjadikan Indonesia sebagai nan pertama di Asia Tenggara untuk mengakses fitur shopping terbaru dari platform tersebut. Dengan fitur ini, penonton dapat dengan mudah membeli produk nan direkomendasikan oleh pembuat konten langsung melalui video, shorts, alias live streaming.

Selain memberikan pengalaman shopping nan praktis bagi pengguna, YouTube Shopping juga menjadi kesempatan baru bagi pembuat untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui program afiliasi. Peluncuran fitur ini menunjukkan potensi besar YouTube sebagai platform nan tidak hanya menghibur, tetapi juga mendukung ekosistem e-commerce di Indonesia.

Apa Itu YouTube Shopping?

YouTube Shopping adalah fitur terbaru dari YouTube nan memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi shopping langsung melalui platform tersebut. Fitur ini memudahkan penonton untuk membeli produk nan direkomendasikan oleh pembuat konten di dalam video, Shorts, maupun live streaming.

Melalui fitur ini, pembuat mempunyai kesempatan untuk menandai produk-produk nan dijual di platform e-commerce seperti Shopee, sehingga penonton bisa dengan mudah membeli produk-produk tersebut.

Tidak hanya memberikan kemudahan bagi penonton, fitur ini juga menjadi sumber penghasilan baru bagi kreator. YouTube telah meluncurkan Program Afiliasi YouTube Shopping nan memungkinkan pembuat untuk mendapatkan komisi ketika mereka merekomendasikan produk dalam video mereka.

Iklan

Fitur ini memberikan elastisitas bagi pembuat untuk menandai produk, baik di video nan sudah ada maupun video baru, serta menyematkan produk saat melakukan live streaming. Program ini diharapkan bisa membantu pembuat meningkatkan hubungan dengan penonton sekaligus mempererat hubungan dengan fans melalui integrasi shopping nan lebih natural dalam konten mereka.

Direktur Regional YouTube untuk wilayah Asia Pasifik, Ajay Vidyasagar, mengatakan YouTube Shopping dirancang untuk memanfaatkan potensi besar platform YouTube nan bukan hanya sebagai wadah intermezo dan informasi, tetapi juga inspirasi belanja. "YouTube telah menjadi wadah unik nan menghubungkan penonton, brand, dan kreator, serta menawarkan sumber inspirasi tanpa batas," kata Ajay saat konvensi pers di Jakarta pada Selasa, 17 September 2024.

Selain itu, riset dari Google menunjukkan bahwa 78 persen penonton YouTube di Indonesia percaya bahwa rekomendasi produk dari pembuat mempengaruhi keputusan pembelian mereka, dan 91 persen percaya bahwa pembuat memberikan info nan dibutuhkan untuk memilih produk dengan baik.

DEWI ELVIA MUTHIARINY

Pilihan Editor: Lewat Fitur YouTube Shopping Konten Kreator Bisa dapat Penghasilan Ganda

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis