Basuki Hadimuljono Targetkan Renovasi Stadion Maguwoharjo Rampung pada Desember 2024

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan rehabilisasi dan pembaharuan Stadion Maguwoharjo sudah mencapai 79 persen. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembaharuan stadion nan terletak di Sleman, Daerah Yogyakarta ini, dimulai pada 27 Desember 2023 dengan anggaran Rp 108 miliar. Kontraktor pelaksananya adalah PT Karuniaguna Intisemesta dengan konsultan PT Amsecon Berlian Sejahtera KSO PT Multi Citra Graha. “Target rehabilitasi dan pembaharuan selesai pada 15 Desember 2024,” kata Basuki melalui keterangan tertulis, Rabu, 9 Oktober 2024.

Basuki menjelaskan, pembaharuan Stadion Maguwoharjo meliputi pekerjaan struktur, ialah perkuatan kolom dengan metode jacketing. Selain itu, ada pekerjaan arsitektur berupa penambahan bangku single seat, penggantian rumput lapangan, dan pembuatan tribun difabel. Rencananya, Stadion Maguwoharjo bakal berkapasitas 20.595 kursi.

Kemudian, ada pekerjaan mekanikal, elektrikal dan plumbing (MEP) meliputi penggantian lampu field of play (FOP), penambahan sistem sirine dan penyiram untuk pemadam kebakaran. Sementara itu, ada pekerjaan lanskap meliputi pekerjaan rumput lapangan, pembuatan kebinasaan utama sisi timur, dan penambahan pagar.

“Rehabilitasi dan pembaharuan stadion ini merupakan tindak lanjut petunjuk Presiden Joko Widodo untuk mengevaluasi seluruh stadion agar mempunyai standar FIFA,” kata Basuki. Ia berujar, aktivitas tersebut menjadi upaya mendukung  transformasi sepak bola nasional melalui penyediaan prasarana nan berstandar nasional dan internasional dari FIFA.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meminta pekerjaan rehabilitasi dan pembaharuan Satdion Maguwoharjo dipercepat. Namun, tetap kudu memperhatikan kualitas, estetika, dan keberlanjutan lingkungan.

Selebihnya, Diana meminta agar Pemkab Sleman bekerja sama dengan Liga dalam mengelola stadion. “Dari serah terima minta ada kerja sama dengan liga alias klub untuk pengelolaannya agar tidak memberatkan anggaran daerah,” tuturnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Sumiarto, juga setuju dengan Diana untuk mempercepat pekerjaan. Harapannya agar PSS Sleman, nan sementara ini berkandang di Stadion Manahan Solo,  bisa kembali bermain di Stadion Maguwoharjo. “Jadi, penonton tidak perlu repot keluar wilayah dan bisa menikmati pertandingan di stadion ini,” ujarnya.

Pilihan editor: Prabowo Umumkan Kabinet di Hari Pelantikan, Calon Menteri Sudah Dipanggil

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis