Bawaslu Sebut Pengawas Pemilu Boleh Kampanye Kotak Kosong

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 30 Sep 2024 12:23 WIB

Petugas Pengawas Pemilu diminta untuk menyosialisasikan kepada masyarakat jika ada pilihan kotak kosong/kolom kosong. Petugas Pengawas Pemilu diminta untuk menyosialisasikan kepada masyarakat jika ada pilihan kotak kosong/kolom kosong. (iStock/Panuwat Dangsungnoen)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja membolehkan berkampanye kotak kosong dalam Pilkada Serentak 2024, asal tidak menggunakan akomodasi negara.

Rahmat Bagja meminta pengawas pemilu untuk menyosialisasikan patokan kampanye sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 13 Tahun 2024 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota (PKPU Kampanye Pilkada).

"Pengawas pemilu kudu menyosialisasikan sesuai dengan PKPU Kampanye Pilkada. Jika ada kolom kosong, itu ada pilihan. Masyarakat bisa pilih nan paslon itu alias juga bisa memilih kolom kosong itu," kata Bagja dalam keterangannya di Jakarta, Senin (30/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut dia, kejadian satu paslon melawan kotak/kolom kosong itu berfaedah ada dua pilihan bagi masyarakat untuk menggunakan kewenangan pilihnya.

Oleh lantaran itu, lanjut Bagja, kejadian kotak/kolom kosong dalam pemilihan tidak boleh dinafikan. Fenomena kotak kosong merupakan refleksi kritis terhadap wilayah dan partai politik nan memunculkan paslon tunggal.

Bagja menilai kejadian pemilihan nan diikuti oleh satu paslon bisa meningkatkan eskalasi politik uang. Maka dari itu, dia meminta pengawas pemilu nan daerahnya terdapat satu paslon untuk melakukan pengawasan dengan cermat.

Selain itu, dia meminta pengawas pemilu untuk berani menunjukkan taringnya sebagai lembaga nan berkuasa menindak dugaan pelanggaran dalam pemilihan.

Pengawas pemilu tidak boleh takut memanggil para pihak nan diduga melakukan pelanggaran.

"Pengawas pemilu kudu mengikuti jejaknya Bung Karno, vivere pericoloso nan artinya sedikit-sedikit nyerempet bahaya. Kami berambisi pengawas pemilu ke depan berani menunjukkan taringnya," pungkasnya.

(Antara/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional