BBN Airlines Indonesia Resmi Beroperasi, Kemenparekraf Berharap Penambahan Suplai Membuat Tiket Lebih Terjangkau

Sedang Trending 4 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Maskapai penerbangan Blue Bird Nordic alias BBN Airlines Indonesia resmi mengudara pada Jumat, 27 September lalu. Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya, berambisi adanya maskapai baru bisa menambah suplai dan memberikan pengganti kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan ya (bisa membantu menurunkan harga), lantaran apa pun alternatifnya jika supply-nya semakin banyak bisa memberikan alternatif,” kata Nia saat ditanya wartawan di Gedung Kemenparekraf, Senin, 30 September 2024 lalu.

Nia menganggap kehadiran maskapai baru bisa menambah kejuaraan di bumi penerbangan komersil tanah air. Kompetisi, kata dia, tidak selalu jelek dan bisa memberikan pilihan nan lebih banyak kepada masyarakat.

“Dan pastinya supplier bakal memberikan sesuatu yang, gimmick-gimmick agar orang memilih dia,” katanya.

Nia mengaku sudah mengundang BBN Airlines Indonesia untuk datang ke Kantor Kemenparekraf. Namun, belum menemukan agenda nan tepat. Nia mengatakan Kemenparekraf mau berbincang lebih lanjut dengan perusahaan untuk mengetahui lebih lanjut positioning-nya di pasar.

Melansir laman resminya, BBN Airlines Indonesia adalah anak upaya dari penyedia jasa pesawat, kru, perawatan, dan asuransi alias aircraft, crew, maintenance, and insurance (ACMI), Avia Solutions Group. Avia Solutions Group merupakan perusahaan induk ACMI nan didirikan di Lithuania pada 2010 dan beranjak instansi pusat ke Dublin, Irlandia. Rute perdana BBN di Indonesia adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang menuju Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur. 

Iklan

Selain bicara soal maskapai baru, Nia juga mengapresasi beberapa perusahaan aviasi nan membuka rute penerbangan baru di Indonesia. Terbaru, ada Scoot dan AirAsia.

Scoot adalah maskapai penerbangan berbiaya rendah asal Singapura nan sebelumnya telah membuka beberapa rute penerbangan ke beberapa wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Bali, dan juga Lombok. Baru-baru ini, Scoot menghadirkan penerbangan Singapura-Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Sementara maskapai penerbangan asal Malaysia, AirAsia, membuka rute penerbangan Hong Kong-Denpasar pada Selasa ini dan Hong Kong-Jakarta pada 8 Oktober 2024.

Pilihan Editor: Kisruh Kadin: Arsyad Sebut Sepakat Gelar Munas Usai Pelantikan Prabowo, Anindya Nilai Munaslub Sudah Final

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis