BCA Syariah Catat Laba Bersih Rp 89,4 Miliar di Semester I 2024

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) mencatatkan laba bersih sebesar Rp 89,4 miliar pada semester I 2024 alias tumbuh 20,9 persen secara tahunan alias year-on-year (yoy). Total aset dilaporkan tumbuh 11,5 persen yoy mencapai Rp 14,9 triliun. 

Presiden Direktur BCA Syariah, Yuli Melati Suryaningrum, mengatakan pertumbuhan untung BCA Syariah didorong oleh manajemen aset dan liabilitas nan berimbang dari penyaluran pembiayaan nan berbobot dan percepatan teknologi nan mendorong penghimpunan biaya pihak ketiga (DPK). Penyaluran pembiayaan BCA Syariah di semester I 2024 mencapai Rp9,5 trilun alias tumbuh 21 persen.

"Pertumbuhan pembiayaan terjadi di semua segmen baik komersial, konsumer maupun UMKM," katanya dalam keterangan resmi pada Rabu, 31 Juli 2024. 

Dia menjelaskan, portofolio pembiayaan komersial tetap menjadi kontributor utama dalam penyaluran pembiayaan BCA Syariah. Komposisinya sebesar 68,8 persen dari total pembiayaan nan mencapai Rp6,6 triliun. Kemudian, diikuti oleh portofolio pembiayaan UMKM dengan komposisi 19,5 persen dari total pembiayaan sebesar Rp 1,9 triliun. 

"Penyaluran pembiayaan nan efektif dan dijalankan dengan prinsip kehati-hatian tercermin pada kualitas pembiayaan nan terjaga tetap rendah," kata Yuli. Non-performing financing (NPF) gross tercatat sebesar 1,36 persen dan net 0,18 persen.

Selain pertumbuhan dalam penyaluran pembiayaan, BCA Syariah juga mencatatkan pertumbuhan pada DPK. DPK meningkat 11,9 persen yoy menjadi Rp 11,2 triliun. Sehingga, perolehan CASA alias biaya murah mencapai 36,3 persen dari total DPK. 

Selanjutnya: Direktur BCA Syariah, Pranat, menyebut kemudahan pembukaan rekening....

Iklan

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis