Beda 2 Kelas yang Ditawarkan KA Blambangan Ekspres Jakarta-Banyuwangi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia alias PT KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember memperpanjang rute perjalanan KA Blambangan Ekspres menjadi relasi Stasiun Ketapang-Stasiun Pasar Senen pada 26 Juli 2024. Sementara itu, KA Blambangan Ekspres relasi Stasiun Pasar Senen-Stasiun Ketapang bakal beraksi pada 27 Juli 2024. 

“Menempuh jarak 1.031 kilometer dengan waktu tempuh 16 jam 25 menit, KA Blambangan Ekspres memecahkan rekor KA dengan rute terjauh nan dioperasikan KAI dan mengalahkan KA Pandalungan nan menempuh jarak 919 kilometer,” jelas Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9, Cahyo Widiantoro, pada 24 Juli 2024.

Lebih lanjut, Cahyo menyampaikan, KA Blambangan Ekspres menawarkan dua kelas untuk para penumpang nan bakal menempuh ribuan kilometer. Kereta api ini mempunyai kelas pelaksana dengan nilai Rp775.000 dan ekonomi new generation yang dijual mulai dari Rp505.000. Adapun, total kapabilitas nan tersedia dalam kereta api ini sebanyak 408 tempat duduk.

Secara lebih jelas, berikut adalah perbedaan dua kelas nan ditawarkan oleh KA Blambangan Ekspres, yaitu:

Kelas Eksekutif

Jika penumpang mau mendapatkan kenyamanan lebih selama perjalanan jarak jauh dalam kereta, pilih kelas eksekutif. Kelas ini hanya menampung kapabilitas 50 penumpang dengan penawaran akomodasi nan maksimal. Susunan tempat duduk dalam kelas pelaksana adalah 2-2. Tempat duduk kelas ini juga sesuai dengan arah jalan kereta. 

Berdasarkan kai.id, bangku dalam kelas kereta pelaksana juga lembek dan bisa diatur sesuai keinginan. Ruang kaki dalam setiap tempat duduk juga lebar nan disertai injakan kaki. Penumpang nan sedang menempuh perjalanan jarak jauh dapat lebih nyaman berada dalam kelas pelaksana lantaran bisa meluruskan kaki. Kelas pelaksana juga telah dilengkapi dengan colokan listrik, selimut, televisi, meja makan, toilet, AC, dan Wi-Fi di beberapa kereta.

Iklan

Saat ini, kereta kelas pelaksana sudah tersedia untuk menempuh perjalanan jauh nan menawarkan beragam rute ke beberapa kota, seperti Jakarta, Malang, Yogyakarta, Surabaya, dan Bandung. 

Kelas Ekonomi New Generation Modifikasi

Menurut VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus kereta kelas ekonomi new generation modifikasi mempunyai jenis bangku sejumlah 72 dalam satu rangkaian. Selain itu, tempat duduk kelas ini juga diubah sehingga tidak tegak berhadapan nan membikin ruang kaki lebih luas. Jenis bangku dalam kelas ini menggunakan jenis captain seat yang bisa diatur kemiringannya serta disesuaikan searah laju kereta alias berhadapan.

Selain kursi, kelas ekonomi new generation jenis modifikasi juga mengubah kreasi kereta dengan menambahkan Public Information Display System (PIDS) nan dapat menampilkan jam dan suhu. Desain kereta juga diperbarui sehingga mirip dengan kelas eksekutif, seperti corak bagasi dan nuansa gerbong lebih cerah.

Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa lebih mewah dan menggunakan toilet duduk. Bahkan, rangkaian kereta nan mempunyai kelas ini juga menyediakan tempat ibadah di gerbong restorasi. Saat ini, kereta nan menawarkan kelas ekonomi new generation modifikasi adalah KA Blambangan Ekspres, KA Jayabaya, dan KA Gaya Baru Malam Selatan.

KAI | ANTARANEWS
Pilihan editor: Jadwal, Tarif dan Stasiun nan Dilalui KA Blambangan Ekspres Rute Stasiun Ketapang-Pasar Senen

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis