BEM SI Mulai Padati Patung Kuda, Demo 10 Tahun Kepemimpinan Jokowi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 22 Jul 2024 15:35 WIB

Massa dari BEM SI mulai memadati area Patung Kuda, Jakarta Pusat, untuk berunjuk rasa mengenai 10 tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Demo BEM SI di Patung Kuda, Jakarta. (CNN Indonesia/Lina Itafiana)

Jakarta, CNN Indonesia --

Massa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) mulai memadati area Patung Kuda, Jakarta Pusat, untuk berunjuk rasa mengenai 10 tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (22/7).

Pantauan CNNIndonesia.com, massa BEM SI mulai berdatangan sekitar pukul 15.10 WIB. Mereka tampak mengenakan jaket almamater kampus masing-masing.

Mereka juga membawa sejumlah atribut seperti bendera dan banner bertuliskan "Jokowi perusak demokrasi".

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara itu, abdi negara kepolisian berjaga di sekitar Patung Kuda. Polisi juga memblokade akses ke Istana Negara dengan memasang separator beton di Jalan Medan Merdeka Barat. Separator beton itu tampak ditambahi kawat berduri di bagian atasnya.

"Hari ini kita bakal menyampaikan aspirasi tapi sayang kita selalu dihadapkan dengan tembok-tembok beton. Layaknya kita ini musuh, kita ini bukan rakyat Indonesia. Kita bicara saja dibatasi," ucap salah satu massa dari mobil komando.

Dalam tindakan ini, setidaknya ada 12 tuntutan nan BEM SI suarakan. Beberapa tuntutan di antaranya meminta Presiden Jokowi untuk tidak cawe-cawe di Pilkada 2024, menolak kembalinya dwifungsi TNI Polri demi kerakyatan Indonesia, serta mengesahkan UU Perampasan Aset dan RUU Masyarakat Adat.

Kemudian, mencabut UU Tapera dan revisi kembali pasal-pasal nan bermasalah, mencabut dan merevisi Permendikbud Nomor 2 tahun 2024, serta menuntaskan kasus pelanggaran HAM berat dan tindak tegas pelaku represifitas kepolisian.

(lna/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional