Bendera OPM Disita Usai Asrama Mahasiswa Papua di Makassar Dikepung

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 05 Jul 2024 18:07 WIB

Polisi mengaku sudah menyita bendera Organisasi Papua Barat (OPM) di pondok mahasiswa Papua di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ilustrasi bendera OPM dikibarkan di pondok Papua di Makassar. (Dok. freewestpapua.org)

Makassar, CNN Indonesia --

Polisi mengaku sudah menyita bendera Organisasi Papua Barat (OPM) di pondok mahasiswa Papua nan berada di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Kita sudah melakukan penyitaan terhadap bendera bintang kejora di pondok itu," kata Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib saat dikonfirmasi, Jumat (5/7).

Ngajib mengatakan usai video viral, sejumlah orang dari salah satu ormas mengepung pondok mahasiswa Papua nan diduga sebagai letak pengibaran bendera berlambang bintang kejora.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Alhamdulillah tindakan teman-teman dari ormas GBNN berjalan lancar semalam," ujarnya.

Meski demikian, kata Ngajib, polisi sudah meminta mahasiswa berasal dari Papua nan berada di Makassar agar tidak mengibarkan bendera OPM untuk menjaga situasi kondusif di Makassar.

"Kita sudah minta agar tidak bertindak nan menyalahi patokan nan bertindak dimana mereka hidup di Kota Makassar dan Indonesia. Mereka menerima kok," pungkasnya.

Sebelumnya, sekelompok mahasiswa Papua mengibarkan 3 bendera bintang kejora di pondok mahasiswa Papua di Jalan Lanto Daeng Pasewang, Kecamatan Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan.

Dari pantauan CNNIndonesia.com di letak sejumlah orang pun mengepung pondok mahasiswa Papua untuk menangkap dan mengambil bendera Organisasi Papua Merdeka (OPM), Kamis (4/7) sekitar pukul 23.00 WITA.

"Ambil peralatan buktinya komandan, ada di dalam itu, bendera OPM," kata koordinator aksi, Adhi.

Adhi menegaskan siapapun nan mengibarkan bendera bintang kejora kudu melawan rakyat, lantaran tidak ada bendera nan berkibar, selain merah putih.

"3 bendera bintang kejora berkibar nan di viralkan di Tiktok dan mengatasnamakan Organisasi Papua (OPM) Makassar, jika itu tidak ditemukan 1 saja diantara 3 bendera tersebut, maka kami bakal bermalam disini," tegasnya.

Setelah mengepung pondok mahasiswa Papua tersebut selama nyaris dua jam, Jumat (5/7) sekitar pukul 01.20 WITA, massa kemudian meninggalkan letak dan menakut-nakuti bakal kembali hingga para mahasiswa nan mengibarkan bendera OPM ditangkap.

(mir/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional