Berita Terpopuler Sepekan: Upacara di IKN hingga Wacana KIM Plus

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Jelang peringatan HUT ke-79 RI nan jatuh pada Sabtu mendatang, sorotan publik mengarah ke persiapan upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Sewa kendaraan untuk tamu hingga anggaran negara untuk upacara di sana dikritik publik.

Kemudian, polemik Johanes Ande Kalla alias Joni 'pemanjat tiang bendera' dalam seleksi TNI AD hingga wacana pembentukan Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta mewarnai berita nasional sepekan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut ini rangkuman CNNIndonesia.com tentang berita-berita terpopuler sepekan.

Kepala BP2MI minta maaf soal sosok T

Kepala BP2MI Benny Rhamdani sempat bikin geger publik setelah menyebut sosok T sebagai dalang gambling online di Indonesia. Benny pun diperiksa polisi untuk memberikan keterangan. Namun, belakangan dia menarik ucapannya.

Bareskrim Polri menyebut Benny Rhamdani mengaku tidak mempunyai bukti soal sosok T nan sempat disebut dalang gambling online saat diperiksa interogator pada Senin (5/8).

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro mengatakan Benny meralat keterangan nan sempat disampaikan kepada penyidik. Benny awalnya menyebut info sosok T didapatkan dari korban pekerja migran.

Namun, kata Djuhandani, Benny mengubah keterangan dan mengaku mendapatkan info tersebut dari Kepala BP2MI Serang nan saat ini sudah meninggal.

Djuhandani mengatakan interogator sempat menanyakan maksud pernyataan Benny ke awak media nan mengaku sudah memberikan info mengenai sosok T ke penyidik.

Benny akhirnya mengakui bahwa tidak mengetahui siapa sosok T nan disebutnya. Djuhandani menyebut Benny menyampaikan permohonan maaf kepada penyidik.

"Tadi saya tanyakan kembali apakah nan dimaksud bisa menjelaskan, nan berkepentingan menyampaikan kami tidak tahu dan minta maaf," katanya.

Johanes Ande Kala namalain Joni adalah bocah pemanjat tiang bendera saat upacara HUT ke-73 RI di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kini, dia kembali menjadi perbincangan.

Joni mengaku tidak lolos seleksi calon bintara prajurit pekerjaan (Caba PK) TNI AD 2024. Padahal, kata dia, lantaran tindakan viralnya pada 2018, Marsekal Hadi Tjahjanto nan saat itu menjabat Panglima TNI menjanjikan prioritas bagi Joni jadi prajurit TNI.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AD Brigjen Kristomei Sianturi mengatakan Joni tidak lolos dalam seleksi Caba PK TNI AD 2024 lantaran tidak memenuhi syarat tinggi badan. Syarat minimal tinggi badan calon prajurit ialah 160 cm, sementara Joni hanya 155,8 cm.

Namun, belakangan Joni akhirnya dinyatakan bisa ikut melanjutkan tes nan berjalan di Kota Kupang, wilayah Korem 161/WS.

Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana Kolonel Inf Agung Udayana mengatakan piagam penghargaan dari Panglima TNI dan Mendikbud menjadi pertimbangan Pimpinan TNI Angkatan Darat untuk memberi Joni kesempatan baru.

Agung menjelaskan nantinya hasil serangkaian tes nan dilakukan oleh Joni bakal dilaporkan ke Mabes TNI AD selaku pengambil keputusan akhir. Ia menyebut TNI bakal memandang jika memang ada poin-poin potensi Joni nan bisa menutupi kekurangan dalam aspek tinggi badan.

Upacara HUT RI di IKN

Gelaran upacara peringatan HUT RI di IKN, Kalimantan Timur, jadi sorotan publik. Untuk memenuhi kebutuhan akomodasi dan transportasi para tamu, pemerintah disebut menyewa hingga 1.000 unit mobil.

Kabar penyewaan kendaraan untuk upacara di IKN itu mulanya disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asperda Kalimantan Timur Damun Kiswanto.

Damun menyebut Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) memesan total 1.000 unit mobil untuk upacara di IKN. Ia juga mengatakan biaya sewa menjadi naik dua kali lipat lantaran permintaan dalam jumlah besar nan mendadak.

Kabar tersebut kemudian dibantah Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Pratikno mengakui bahwa sarana dan prasarana transportasi di IKN tetap terbatas.

Namun, dia menegaskan pemerintah tidak menyewa ribuan mobil dengan tarif Rp25 juta per hari. Pratikno mengatakan pemerintah menyediakan bus untuk mengangkut para tamu.

Sekretaris Kemensetneg Setya Utama mengatakan jumlah bus nan disewa hanya 200 unit. Kendaraan itu sudah meliputi transportasi bagi seluruh undangan dan pasukan upacara.

Selain bus, Setya mengatakan memang tetap ada mobil nan bakal masuk ke sekitar letak upacara. Namun, dia menyatakan jumlahnya terbatas dan tidak digunakan oleh tamu undangan.

"Kendaraan lain nan digunakan adalah untuk rangkaian Presiden RI dan Ibu Negara serta kendaraan contingency seperti kendaraan persediaan dan ambulans," ujarnya.

Bertalian dengan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengakui anggaran upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan bengkak lantaran seremoni IKN. Sebab, tahun ini, upacara digelar di dua tempat sekaligus.

Upacara kemiliteran digelar di IKN, sedangkan intermezo rakyat digelar di Istana Merdeka, Jakarta.

Jokowi tak mengonfirmasi berapa besar kenaikan anggaran upacara tahun ini. Dia hanya menyebut kenaikan tetap dalam pemisah wajar.

"Saya kira anggaran biasa, wajar dan juga anggarannya di Kemensetneg," ucap Jokowi di JCC Senayan, Jumat (9/8).

Wacana KIM plus di DKI Jakarta

Wacana pembentukan KIM Plus mencuat menjelang Pilkada 2024, khususnya di DKI Jakarta. Gerbong KIM nan merupakan partai pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berupa membujuk parpol lain untuk mengusung calon usungan mereka.

Di Jakarta, KIM menyatakan bakal mengusung eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad pun sudah mengatakan bakal ada partai lain di luar KIM nan bakal bergabung. Namun, dia belum mengungkap partai apa saja nan ikut gerbong KIM.

Wacana KIM plus ini dinilai jadi langkah menjegal Anies Baswedan maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta untuk periode kedua. Sejumlah pengamat politik memandang Anies terancam kandas berlayar.

PKS nan sudah memberikan surat rekomendasi memberikan sinyal untuk mengkaji opsi gabung dengan KIM. Mereka berdasar support terhadap Anies sudah jatuh tempo, lantaran tak kunjung dapat partai koalisi untuk mewujudkan duet dengan Sohibul Iman.

NasDem tak kunjung memberikan surat rekomendasi meskipun sudah menyatakan dukungan. PKB nan mendukung Anies di Pilpres 2024 juga sampai sekarang tak bersikap dan malah menunjukkan kedekatan dengan Prabowo.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menemui Prabowo di rumah dinas Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Kamis (8/8) malam. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid pun mengatakan ada kesepahaman antara PKB dan Gerindra untuk berkolaborasi.

(tfq/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional