Beroperasi Gratis Sejak Diresmikan Jokowi, Tol Solo - Yogyakarta Dilintasi 74.518 Kendaraan dalam Dua Hari

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Sebanyak 74.518 kendaraan melintas di Jalan Tol Solo - Yogyakarta - YIA -Kulonprogo segmen Kartasura-Klaten pada Jumat-Sabtu, 20 hingga 21 September 2024. Angka tersebut merupakan jumlah kendaraan nan keluar-masuk melalui Gerbang Tol (GT) Banyudono, GT Polanharjo, dan GT Klaten. Sejak diresmikan Presiden Jokowi pada Kamis, 19 September  2024, ruas tol ini memang beraksi tanpa tarif mulai Jumat pukul 00.00.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) Rudy Hardiansyah mengatakan dari 74.518 kendaraan, tercatat 38.938 kendaraan melintas pada gerbang keluar alias exit gate dan 35.580 kendaraan pada gerbang masuk alias entrace gate. Ia merinci, kendaraan nan melintas di exit gate GT Banyudono tercatat 12.269 kendaraan, GT Polanharjo 11.263 kendaraan dan GT Klaten 11.724 kendaraan. Sementara kendaraan nan melintas di entrance gate GT Banyudono tercatat sebanyak 14.527 kendaraan, GT Polanharjo 5.619 kendaraan, dan GT Klaten 18.792 kendaraan.

Rudy mengatakan Tol Solo - Yogyakarta segmen Kartasura - Klaten tetap bakal beraksi dengan tarif Rp 0 selama beberapa waktu ke depan. “Namun, pengguna jalan tetap kudu menyiapkan kartu duit elektronik dengan saldo nan cukup untuk tapping sebelum memasuki dan keluar gerbang tol,” ujar Rudy melalui keterangan resmi, Minggu, 22 September 2024.

Ia juga mengingatkan pengguna jalan tetap memperhatikan keselamatan selama peerjalanan. Ia mengimbau penggunna jalan berkendara sesuai kecepatan nan diatur, ialah minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam.

Meskipun sebelumnya, dia memastikan Jalan Tol Solo-Yogyakarta seksi Kartasura-Klaten memenuhi standar keselamatan, teknis, dan operasional. Pihaknya sudah mengantongi sertifikasi uji laik kegunaan dan uji operasi tersebut setelah melalui rangkaian pengetesan pada 11 hingga 13 September 2024. Selama proses bangunan jalan tol tersebut, Rudy menyatakan kontraktor dan pengawas telah melakukan serangkaian pengetesan teknis untuk memastikan mutu beton, serta pemenuhan standar kreasi nan direncanakan.

"Sekarang, tol ini siap beraksi dengan kondisi prasarana nan memenuhi standar keselamatan," kata Rudy melalui keterangan tertulis, Rabu, 18 September 2024.

Jalan tol sepanjang 22,3 kilometer itu kemudian diresmikan Presiden Jokowi pada Kamis, 19 September 2024. Jokowi mengatakan pembangunan tol tersebut dimulai sejak 2021 dan selesai tahun ini. “Menelan anggaran biaya Rp 5,6 triliun,” kata Jokowi dalam aktivitas peresmian tersebut, dipantau Tempo melalui siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Kepala negara menyatakan Tol Solo-Yogyakarta bakal meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas dari Solo, Jawa Tengah, menuju Daerah Istimewa Yogyakarta. Kehadiran ruas tol ini juga dia klaim bakal berakibat pada efisiensi waktu. Terlebih, jika pembangunan jalan tol ini telah rampung seluruhnya hingga Yogyakarta.

“30 alias 40 menit sudah bisa sampai,” kata Jokowi. Eks Gubernur Jakarta ini juga mengatakan Tol Solo-Yogya bakal mengurangi beban jalan nasional nan sekarang semakin padat kendaraan. “Dan kita harapkan, menjadi pengungkit ekonomi di daerah, memicu tumbuhnya pusat-pusat ekonomi baru di sekitar jalan tol.”

Pilihan Editor: Jokowi Resmikan Tol Solo - Yogyakarta Segmen I Sepanjang 22,3 Km: Lebih Efisien Waktu

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis