Bio Farma Minta PMN Aset Bangunan Kemenkes Senilai Rp 68 Miliar untuk Kembangkan Vaksin

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Gedung Kantor Pusat PT Bio Farma (Persero) di Bandung Jawa Barat. Bio Farma, BUMN Produsen vaksinterbesar di Asia Tenggara, menjadi  Holding BUMN FarmasiBersama dua BUMN lainnya, PT Kimia Farma Tbk dan PT Indofarma Tbk.
Gedung Kantor Pusat PT Bio Farma (Persero) di Bandung Jawa Barat. Bio Farma, BUMN Produsen vaksinterbesar di Asia Tenggara, menjadi Holding BUMN FarmasiBersama dua BUMN lainnya, PT Kimia Farma Tbk dan PT Indofarma Tbk.

Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - PT Bio Farma (Persero) meminta Penyertaan Modal Negara (PMN) nontunai dari inbreng aset Barang Milik Negara alias BMN senilai Rp 68 miliar. Aset tersebut merupakan gedung milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) nan dibangun pada tahun 2006 sampai 2008 untuk pengembangan vaksin flu burung.

Direktur Utama Bio Farma, Shadiq Akasya, mengatakan bahwa gedung tersebut berada di lahan Bio Farma nan ada di Bandung. "Bangunan dan sarananya sekarang sudah ada di lahan Bio Farma. Ada dua tempat, satu di Pasteur, satu di Cisarua," kata dia dalam rapat dengar pendapat berbareng Komisi XI DPR RI di Senayan pada Selasa, 2 Juli 2024.

Dia menjelaskan, pembangunan gedung tersebut dulunya berangkat dari antisipasi terhadap pandemi flu burung. Selain bangunan, dilengkapi pula dengan alat-alat untuk kebutuhan produksi saat itu. Namun hingga saat ini, aset tersebut belum dimanfaatkan secara optimal, sehingga kata Shadiq, Kemenkes mau memindahtangankan aset tersebut kepada Bio Farma. "Kami tetap memerlukan itu sebagai pelengkap untuk pengembangan dua produksi utama kami sekarang, ialah Rotavirus dan Rubella, vaksin nan kami kembangkan," kata Shadiq.

Dia mengungkapkan, Bio Farma tetap mengimpor bahan produksi vaksin Rotavirus sampai sekarang. Mengutip laman Kemenkes, Rotavirus merupakan salah satu penyebab diare pada anak. "Jadi jika seandainya itu sudah bisa (dikelola) di kita dengan pemanfaatan sarana BMN, bakal lebih optimal. Rubella juga demikian, kami sekarang tetap mengimpor itu dari India." Bio Farma menargetkan, aset tersebut bisa mulai dimanfaatkan akhir 2025 untuk pengembangan vaksin.

Iklan

Pilihan editor: DPR Pertanyakan Sri Mulyani Usulkan PMN untuk Badan Bank Tanah nan Pernah Ditolak

ANNISA FEBIOLA




Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten nan dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.


 

Video Pilihan


DPR Pertanyakan Sri Mulyani Usulkan PMN untuk Badan Bank Tanah nan Pernah Ditolak

18 jam lalu

Menteri Keuangan Sri Mulyani. TEMPO/Tony Hartawan
DPR Pertanyakan Sri Mulyani Usulkan PMN untuk Badan Bank Tanah nan Pernah Ditolak

Komisi XI DPR RI mempertanyakan Menteri Keuangan Sri Mulyani nan kembali mengusulkan Penyertaan Modal Negara (PMN) Badan Bank Tanah.


Menkes Budi Gunadi Bela Wacana Pemerintah Datangkan Dokter Asing

20 jam lalu

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin saat Rakor Tingkat Menteri Tindak Lanjut Dukungan Bantuan Kemanusiaan Akibat Bencana Tanah Longsor di Prov. Enga, Papua Nugini di Kemenko PMK, Jakarta, 1 Juli 2024. Budi Gunadi Sadikin, pihaknya telah menyediakan lima golongan support kesehatan. Kelompok pertama berupa obat-obatan sebanyak 44 paket, kedua berbentuk makanan tambahan untuk ibu mengandung dan balita, ketiga merupakan obat-obatan unik untuk malaria, keempat adalah hygiene kit alias perlengkapan kesehatan sebanyak 665 paket, dan support water purifier (penjernih air) lantaran air bersih diperlukan di sana. TEMPO/Martin Yogi Pardamean
Menkes Budi Gunadi Bela Wacana Pemerintah Datangkan Dokter Asing

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan rencana pemerintah mendatangkan master asing bukan untuk merendahkan master di dalam negeri.


5 Gejala DBD nan Sering Diabaikan

21 jam lalu

Ilustrasi demam berdarah dengue alias DBD. Pexels/Tima Miroscheniko
5 Gejala DBD nan Sering Diabaikan

Penyakit DBD ini sering kali menimbulkan indikasi nan khas, seperti demam tinggi beberapa hari, nyeri otot, dan ruam kulit.


Hutama Karya Minta Tambahan PMN Rp1 Triliun untuk Pembangunan Tol Trans Sumatera

23 jam lalu

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ialah jalan tol Indralaya-Prabumulih. ANTARA/HO-Corcom PT Hutama Karya
Hutama Karya Minta Tambahan PMN Rp1 Triliun untuk Pembangunan Tol Trans Sumatera

Sri Mulyani Indrawati mengatakan hingga Mei 2024, pemerintah telah menyalurkan Rp18 Triliun kepada PT Hutama Karya.


DPR Pertanyakan Alasan Pemerintah Mau Suntik PMN bagi BUMN Bermasalah

1 hari lalu

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya (kedua kiri), Fauzi Amro (kiri), Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman (tengah), Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi (kedua kanan), dan Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf (kanan) saat menjawab pertanyaan wartawan di NasDem Tower, Jakarta, Jumat, 3 Februari 2023. Kedatangan PKS ke NasDem tersebut merupakan silatuhrahmi bagian dari progres pencalonan Anies Baswedan, dan mau menunjukkan kesolidan penjajakan Koalisi Perubahan. TEMPO/M Taufan Rengganis
DPR Pertanyakan Alasan Pemerintah Mau Suntik PMN bagi BUMN Bermasalah

Sejumlah personil Komisi XI DPR RI mempertanyakan argumen Kemenkeu mengusulkan PMN bagi BUMN dan lembaga nan bermasalah, seperti PT Bio Farma, Badan Bank Tanah, serta LPEI.


Kejar Target Pembiayaan 166 Ribu Rumah, Tahun Ini SMF Minta Suntikan PMN Rp 1,89 Triliun

1 hari lalu

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero). Dok. SMF
Kejar Target Pembiayaan 166 Ribu Rumah, Tahun Ini SMF Minta Suntikan PMN Rp 1,89 Triliun

Dirut PT SMF Ananta Wiyogo meminta suntikan PMN sebesar Rp 1,89 triliun untuk mengejar sasaran pembiayaan 166 ribu unit rumah tahun 2024.


Sebelas BUMN dan Badan Bank Tanah bakal Dapat PMN dari Inbreng Aset Negara

1 hari lalu

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan pers disaksikan Ketua tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo - Gibran Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo - Gibran Ahmad Muzani usai melakukan pertemuan di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat, 31 Mei 2024. Menteri Keuangan Sri Mulyani menerima kunjungan Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Presiden dan Wakil Presiden terpilih,Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka itu membahas transisi pemerintahan dan RAPBN 2025. TEMPO/M Taufan Rengganis
Sebelas BUMN dan Badan Bank Tanah bakal Dapat PMN dari Inbreng Aset Negara

Menkeu Sri Mulyani mengatakan, 11 perusahaan BUMN serta Badan Bank Tanah bakal menerima PMN nontunai dari BMN alias inbreng aset negara


Sri Mulyani Ajukan Suntikan PMN Rp 6,1 Triliun buat Beberapa BUMN dan Bank Tanah

1 hari lalu

Menteri Keuangan Sri Mulyani ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta melapor ke Presiden Jokowi usai berjumpa tim sinkronisasi Presiden terpilih Prabowo Subianto, Senin, 24 Juni 2024. TEMPO/Daniel A. Fajri
Sri Mulyani Ajukan Suntikan PMN Rp 6,1 Triliun buat Beberapa BUMN dan Bank Tanah

Menkeu Sri Mulyani mengusulkan suntikan PMN ke Komisi XI DPR RI bagi empat BUMN dan Badan Bank Tanah nan berasal dari persediaan pembiayaan investasi.


Hutama Karya Terima PMN Rp 18,6 Triliun, jadi Penerima Pembiayaan Investasi Terbesar

5 hari lalu

Foto udara pengerjaan proyek jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) seksi II, di wilayah Desa Babatan Saudagar, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatra Selatan.  ANTARA/Nova Wahyudi
Hutama Karya Terima PMN Rp 18,6 Triliun, jadi Penerima Pembiayaan Investasi Terbesar

Hingga Mei 2024 pemerintah memberikan injeksi PMN kepada Hutama Karya sebesar Rp 18 Triliun. Disebut jadi pembiayaan investasi terbesar dari total pembiayaan Rp 51,14 triliun tahun ini


Tersangka Korupsi APD Covid-19, Eks Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes Jalani Pemeriksaan di KPK

5 hari lalu

Mantan Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes, Budi Sylvana, memenuhi panggilan interogator untuk menjalani pemeriksaan, di gedung KPK, Jakarta, Rabu, 26 Juni 2024. Budi Sylvana diperiksa sebagai tersangka dan belum menjalani penahanan mengenai investigasi perkara dugaan tindak pidana korupsi pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 mencapai Rp3,03 triliun di Kementerian Kesehatan tahun anggaran 2020-2022. TEMPO/Imam Sukamto
Tersangka Korupsi APD Covid-19, Eks Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes Jalani Pemeriksaan di KPK

KPK memeriksa eks Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes Budi Sylvana nan telah ditetapkan sebagai tersangka korupsi APD Covid-19.


Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis