Blak-blakan Jokowi dan Gibran soal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Nama putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep tetap menjadi perbincangan publik Tanah Air. Hal tersebut berangkaian dengan dugaan gratifikasi akomodasi jet pribadi nan diterima Kaesang dari perusahaan e-commerce asal Singapura, Shopee.

Menanggapi tuduhan tersebut, Presiden Jokowi sekaligus ayah Kaesang, tidak menjawab secara lugas ketika ditanya dugaan gratifikasi jet pribadi nan digunakan oleh putra bungsungnya. Jokowi hanya menyinggung soal hukum.

"Ya semua penduduk negara sama di mata hukum, ya. Itu saja," kata Jokowi dalam keterangan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, pada Selasa, 11 September 2024.

Selain itu, kakak Kaesang sekaligus Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka juga ikut angkat bicara. Dia membantah dugaan gratifikasi itu berasosiasi dengan perjanjian kerjasama nan pernah ditekennya berbareng Shopee, saat tetap menjadi Wali Kota Solo.

“Nggak ada kayak gitu, ngawur,” ucap Gibran di sela-sela blusukan berbareng pasangan bakal calon wali kota Solo dan wakilnya, Respati Ardi dan Astrid Widayani, di sejumlah wilayah di Solo, Jawa Tengah, pada Selasa, 10 September 2024.

Gibran memastikan perjanjian nan terjalin dengan perusahaan Shopee berkarakter profesional. Menurut dia, perjanjian itu merupakan kerjasama ahli nan juga melibatkan Pemerintah Kota Surakarta dan pihak Solo Technopark (STP). Sehingga tidak berangkaian dengan gratifikasi berupa pemberian akomodasi pesawat jet pribadi.

“MOU-nya (nota kesepakatan) ahli antara Pemkot Surakarta, Technopark, dan Shopee. Nggak ada nan kayak gitu, kami ahli ya,” kata Gibran. 

Mantan Wali Kota Solo itu juga mengungkapkan kerjasama ahli tersebut berupa pembangunan instansi Shopee di Solo Technopark. “(Hubungan) ahli saja. Kerja sama (membangun kantor) di Technopark (Solo Technopark),” ujar dia.

Oleh lantaran itu, ihwal penggunaan pesawat jet pribadi oleh Kaesang dan istrinya, Erina Gudono, nan disebut-sebut akomodasi dari Shopee, Gibran meminta perihal tersebut ditanyakan langsung pada adiknya. “Tanya Kaesang,” ucap Gibran

Iklan

Adapun nama Gibran mencuat dalam polemik ini setelah Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengadukan Kaesang ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan gratifikasi. Pengaduan tersebut dilakukan Bonyamin pada Rabu, 28 Agustus 2024 melalui saluran kejuaraan masyarakat alias Dumas KPK.

Dalam aduannya, Boyamin melampirkan surat perjanjian kerja sama alias MoU antara Pemerintah Kota Solo dengan PT Shopee Internasional Indonesia nan ditandatangani Gibran sebagai Wali Kota Solo kala itu. Isi perjanjiannya mendirikan instansi dan pusat gaming di atas lahan Pemerintah Kota Solo. Kata dia, perjanjian kerja sama itu krusial dilampirkan karena Gibran adalah kakak kandung Kaesang.

Pemberian akomodasi pesawat jet pribadi kepada Kaesang dan Erina, diduga ada kaitannya dengan kerja sama nan pernah dilakukan Gibran dengan Shopee pada 23 April 2021. Menurut Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, pemberian akomodasi mewah merupakan termasuk gratifikasi lantaran bisa memengaruhi kebijakan penyelenggara negara meski diberikan kepada personil keluarga.

“Apakah ini adalah akomodasi dari perusahaan tersebut, biarlah kelak KPK nan menilai, semangat saya hanya membantu untuk memperjelas perkara ini apakah ada gratifikasi alias tidak,” kata Boyamin.

Selain itu, seorang sumber Tempo di Shopee Indonesia, nan keberatan namanya disebut, mengakui bahwa dalam tiga tahun belakangan SEA Group –induk perusahaan Shopee– memang dekat dengan family Jokowi. “Sepertinya mungkin saja jet pribadi itu miliki petinggi Shopee,” kata sumber tersebut.

Di sisi lain, rumor hubungan baik e-commerce Shopee dengan Gibran juga ditengarai terlihat dari banyaknya kerjasama Shopee di Solo selama Gibran menjabat Walikota periode 2021-2024. Di antaranya adalah kerjasama pembangunan rumah kumuh, pembangunan Solo Technopark, pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), hingga kerja sama untuk membawa UMKM melakukan pameran di Paris.

Raden Putri, Amelia Rahima, Hendrik Khoirul, Nandito Putra, dan Septia Ryanthie berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan Editor: Gibran Bantah Terkait Dugaan Gratifikasi untuk Kaesang, Ini Kerja Sama Shopee dan Pemkot Solo

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis