BNPB Catat Ada 51 Bencana Pekan Ini, Didominasi Banjir

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 10 Jul 2024 03:05 WIB

BNPB mencatat ada kenaikan musibah alam pekan ini dibandingkan pekan-pekan sebelumnya. Banjir kembali melanda Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pada Minggu (23/6). Foto: BNPB Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada sebanyak 51 musibah nan terjadi sepanjang pekan ini.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan jumlah itu mengalami kenaikan dari pekan-pekan sebelumnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Di minggu ini ada 51 kali kejadian bencana. Ini cukup naik ya. Kalau di periode musim transisi alias musim tandus ini jumlah kejadian musibah nan dilaporkan ke BNPB dalam artian jumlah musibah nan berakibat signifikan itu dalam empat minggu terakhir kita pernah tidak lebih 30 kejadian," kata Muhari dalam Disaster Briefing secara daring, Selasa (9/7).

Muhari berujar meski berasas prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) nyaris 50 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim kemarau, namun musibah banjir tetap mendominasi.

Kendati demikian, kata dia, tanah longsor menjadi musibah paling mematikan di Indonesia pada tahun ini.

"Ini 51 kejadian, banjir tetap mendominasi. Kita menuju puncak tandus sebenarnya Juli-Agustus tapi banjir tetap mendominasi," ujarnya.

Ia menjelaskan musibah hidrometeorologi seperti banjir bakal selalu terjadi meski pada puncak musim kemarau. Hal itu lantaran wilayah Indonesia berada di garis khatulistiwa.

"Meski pada puncak musim hujan bukan berfaedah kita tidak punya kebakaran hutan. Dua musibah hidrometeorologi nan bertolak belakang dari sisi penyebab itu selalu ada di setiap periode. Jadi tetap kita kudu waspada," ucap Muhari.

(lna/dna)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional