BNPB: Jumlah Korban Hilang Akibat Banjir Bandang Sumbar Bisa Bertambah

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut jumlah korban lenyap akibat banjir bandang di Sumatera Barat tetap bisa bertambah.

Diketahui, berasas info BNPB hingga Senin (13/5) sore, ada 15 orang nan dinyatakan hilang. Dari jumlah itu, 12 orang di Kabupaten Tanah Datar dan tiga lainnya di Kabupaten Agam.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan penambahan jumlah korban lenyap ini lantaran banjir bandang itu juga terjadi di jalan akses antar wilayah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Mungkin saja lantaran ini terjadi di akses jalan umum, korban-korban nan tidak dari penduduk wilayah terdampak bisa saja melalui pas kebetulan terjadi musibah sedang melalui akses itu sehingga kemudian terdampak," kata Abdul dalam konvensi pers, Senin (13/5).

"Jadi ini tetap bakal dinamis, jadi artinya korban lenyap ini bisa bertambah alias tim bisa saja menemukan lagi apakah meninggal alias selamat nan tidak masuk dalam daftar pencarian 15 orang," imbuhnya.

Karenanya, kata Abdul, pihaknya mengimbau kepada masyarakat Sumbar untuk bisa melapor jika ada personil keluarganya nan tidak memberikan berita dalam tiga hari terakhir.

"Mungkin saja ada kerabat nan kebetulan mungkin saja dri Bukit Tinggi ke Padang, dari Solok ke Padang jika dia tidak ada berita dalam tiga hari segera melapor. Di setipa kabupaten ada posko pencarian dan kita bakal corak posko utama," tuturnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat jumlah korban meninggal bumi akibat musibah banjir bandang di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) bertambah menjadi 44 orang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Sumbar Fajar Sukma mengatakan jumlah tersebut berasas info hingga Senin (13/5) pukul 14.15 WIB.

"Total meninggal bumi 44 orang," kata Fajar saat dikonfirmasi.

Rinciannya, 19 orang dilaporkan meninggal bumi di Kabupaten Tanah Datar, 19 orang di Kabupaten Agam, dua orang di Kota Padang Panjang, satu orang di Kota Padang dan tiga orang di Kabupaten Padang Pariaman.

Selain itu, BPBD Provinsi Sumbar juga mencatat ada sebanyak 15 orang nan tetap dilaporkan lenyap dan dalam proses pencarian.

"Korban lenyap total 15 orang," ucap Fajar.

(dis/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional