PDIP Sebut Puan Jadi Calon Tunggal Ketua DPR Periode 2024-2029

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 30 Sep 2024 12:11 WIB

Ketua DPP PDIP, Said Abdullah menyebut bahwa Puan Maharani tetap menjadi kandidat calon tunggal Ketua DPR nan bakal diusulkan PDIP untuk periode 2024-2029. PDIP menyatakan Puan Maharani tetap menjadi kandidat calon tunggal Ketua DPR nan bakal diusulkan PDIP untuk periode 2024-2029. Arsip PDIP

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP PDIP, Said Abdullah menyebut bahwa Puan Maharani tetap menjadi kandidat calon tunggal Ketua DPR nan bakal diusulkan PDIP untuk periode 2024-2029.

Pernyataan itu disampaikan Said merespons kepastian tak bakal ada perubahan UU MD3 nan mengatur sistem penunjukan ketua dan Ketua DPR. Merujuk UU nan berlaku, Ketua DPR bakal diberikan kepada Fraksi dengan perolehan bangku terbanyak.

"Insyaallah jika dari PDI Perjuangan final calonnya tunggal Ibu Puan Maharani," kata Said di kompleks parlemen, Senin (30/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Untuk posisi Ketua DPR, Said mengatakan nama Puan sudah final. Sementara, mengenai posisi ketua MPR namanya kata Said tetap digodok.

PDIP kembali meraih bangku terbanyak berasas hasil Pileg 2024, jumlahnya turun dari periode sebelumnya. PDIP mengantongi 110 bangku DPR untuk periode 2024-2029. Di bawahnya ada Golkar dengan 102 bangku lampau Gerindra dengan 86 kursi.

Sementara, Wakil Ketua DPR dari Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memastikan bahwa tak ada perubahan UU MD3 untuk periode depan sehingga sistem ketua DPR tak berubah.

"Ya tentunya jika memandang UU MD3 paket ketua itu sudah diatur dengan ketentuan paket ketua pemenang satu kedua ketiga keempat dan kelima nan kelak bakal diusulkan oleh masing-masing fraksi nama-namanya dan langsung ditetapkan," kata Dasco di kompleks, Senin (30/9).

(thr/gil)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional