Bobby Didukung 7 Partai di Pilgub Sumut, Edy Rahmayadi Masih Nihil

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Peluang Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara 2024 kian terbuka lebar setelah tujuh partai telah menyatakan dukungan.

Menantu Presiden Joko Widodo itu hingga sekarang telah didukung Gerindra, Golkar, NasDem, PKB, Demokrat, PAN, dan PPP. Bobby telah mengantongi 63 bangku dari 100 bangku DPRD Sumut 2024 sekaligus memenuhi syarat pencalonan.

Rinciannya, Golkar 22 kursi, PDIP 21 kursi, Gerindra 13 kursi, NasDem 12 kursi, PAN 6 bangku Demokrat 5 kursi, PKB 4 kursi, dan PPP 1 kursi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bobby terakhir baru saja mendapat support dari DPP PKB pada Kamis (4/7). Surat diserahkan langsung oleh Waketum PKB Jazilul Fawaid kepada Bobby di DPP PKB, Jakarta.

"Salah satu pertimbangannya hari ini kenapa PKB memberikan rekomendasi alias surat keputusan kepada Mas Bobby lantaran dalam hitungan PKB, Mas Bobby nan bakal menjadi pemenang," kata Jazilul.

Bobby diprediksi bakal melawan calon gubernur petahana Edy Rahmayadi. Meski telah meminta support dari sembilan partai, hingga sekarang belum ada satu pun partai nan resmi telah menyatakan dukungan.

Edy terakhir baru saja mengikuti tahapan wawancara Bakal Calon Gubernur Sumut di Kantor DPD PDIP Sumut di Medan, Jumat (5/7). Dia mengaku optimis mendapat support PDIP.

"Sangat optimis [diusung PDIP], lantaran semua nan kita bicarakan, semua nan kita siapkan untuk memenangkan Sumatera Utara ini," kata Edy.

Setelah tujuh partai mendukung Bobby, kesempatan Edy untuk maju di Sumut bukannya mustahil. Masih ada PDIP, PKS, Hanura, dan Perindo nan belum menyatakan dukungan.

Jika ditotal, empat partai itu mempunyai 38 bangku DPRD namalain sudah memenuhi syarat pencalonan.

Rinciannya, PDIP 21 kursi, PKS 10 kursi, Hanura 5 kursi, dan Perindo 1 kursi.

(thr/arh)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional