Bola Liar Kasus Peretasan PDNS 2, Begini Menkominfo Budi Arie Didesak Mundur

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Desakan mundur terhadap Menkominfo Budi Arie Setiadi mencuat akibat peretasan Pusat Data Nasional Sementara 2 disingkat PDNS 2, memunculkan kritik terhadap terhadap penunjukannya tahun lalu.

Data negara diretas oleh malware Ransomware LockBit 3.0. Peretasan ini telah berakibat pada 2 ratusan lembaga pemerintah.

PDN Sementara 2, nan dikelola oleh Kemenkominfo dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), diretas sejak 20 Juni 2024. Pusat info ini mengelola 73 info kementerian dan lembaga serta dua ratusan lembaga pemerintah daerah. Kegagalan Kominfo dan BSSN dalam melindungi objek vital dan strategis ini dianggap sebagai bukti ketidakmampuan mereka.

Desakan ini muncul melalui petisi nan diinisiasi oleh SAFEnet dan dipublikasikan di change.org pada 26 Juni 2024. "Pak Menteri, cukuplah semua kelalaian ini. Jangan jadikan info pribadi kami sebagai tumbal ketidakmampuan Anda. Mundurlah!" tulis SAFEnet dalam petisinya.

Namun Ketua Relawan Projo Nusa Tenggara Barat (NTB), Imam Sofian, mencurigai ada motif lain di kembali dorongan mundur Budi Arie. Ia menduga serangan siber ini mengenai dengan operasi memberantas gambling online nan sedang digencarkan oleh Budi Arie.

"Sepertinya ada pihak nan merasa kepentingannya diganggu makanya muncul serangan siber kemudian dorongan mundur," ujar Imam di Mataram pada 30 Juni 2024.

Iklan

Imam juga mengisyaratkan bahwa rumor ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak nan belum menerima kekalahan pada Pilpres 2024. "Masih ada barisan sakit hati, mereka juga ikut memainkan rumor ini. Publik sudah cerdas, sudah bisa membaca lebih dalam mengenai apa nan terjadi," ujarnya.

Menkominfo Budi Arie Setiadi sendiri menilai petisi nan mendesaknya mundur sebagai kewenangan masyarakat untuk bersuara. “Ah no comment. Itu kewenangan masyarakat untuk bersuara,” ujarnya usai rapat di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, pada 27 Juni 2024.

Budi Arie menegaskan bahwa dia konsentrasi mengatasi masalah peretasan PDN dan memastikan sejauh ini tidak ada kebocoran info akibat serangan ransomware tersebut.

"Sampai sekarang belum teridentifikasi ada bukti, enggak ada pembocoran ya," ujar Budi Arie, nan telah menjabat Menkominfo sejak 17 Juli tahun lalu.

KARUNIA PUTRI | NOVALI PANJI NUGROHO | AISYAH AMIRA WAKANG | ANTARA| DANIEL A. FAJRI | ADE RIDWAN YANDWIPUTRA | M JULNIS FIRMANSYAH
Pilihan editor: Fakta-fakta Terbaru PDN Setelah Diretas, Budi Arie Yakin Aktor Negara Tak Terlibat

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis