BPIP Unggah Video Gladi Bersih Paskibraka Pakai Jilbab

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 14 Agu 2024 17:34 WIB

BPIP mengunggah momen personil Paskibraka mengenakan busana dinas upacara dan beberapa berjilbab saat melakukan gladi bersih upacara HUT RI di IKN. Pengukuhan 76 personil Paskibraka HUT ke-79 RI oleh Presiden Jokowi di IKN. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengunggah momen personil Paskibraka yang melakukan gladi bersih I upacara peringatan HUT ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu (14/8).

Dalam unggahan di akun IG @bpipri, terlihat para personil Paskibraka memakai Pakaian Dinas Upacara (PDU). Beberapa Paskibraka wanita juga terlihat mengenakan jilbab hitam.

"Kami bakal melaksanakan gladi bersih I, doakan kami ya," kata Paskibraka perwakilan Papua Barat, Indri Marwa Delvita.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penampilan mereka itu berbeda saat hari pengukuhan Paskibraka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara IKN, Selasa (13/8) kemarin.

Dalam momen foto dan video nan diunggah oleh Biro Pers Sekretariat Presiden, tidak ada satu pun personil Paskibraka wanita dari 38 provinsi Indonesia nan memakai jilbab.

Hal itu pun menjadi polemik belakangan lantaran diduga pasukan Paskibraka 2024 wanita berakidah Islam diwajibkan mencopot jilbab.

[Gambas:Instagram]

Pengurus Pusat (PP) Purna Paskibraka Indonesia (PPI) menyebut ada 18 dari 76 personil Paskibraka 2024 nan mengenakan hijab, namun tak menggunakan jilbab saat dikukuhkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (13/8) kemarin.

Saat hari pengukuhan itu, seluruh Paskibraka 2024 putri nan dikukuhkan Jokowi untuk bekerja di istana terlihat tanpa jilbab. Padahal, saat datang ke pemusatan latihan, saat latihan, hingga gladi seluruh Paskibraka putri nan berhijab itu tetap mengenakan jilbab.

Oleh lantaran itu muncul dugaan ada 'aturan' alias 'tekanan' agar Paskibraka putri nan berjilbab itu tak berhijab saat dikukuhkan Jokowi.

BPIP menyatakan para calon personil Paskibraka sebelumnya telah menandatangani surat persetujuan saat mendaftar, termasuk untuk mengikuti atribut seragam nan ditentukan. Mereka disebut lepas jilbab saat pengukuhan dan pengibaran bendera Merah Putih saat upacara 17 Agustus.

"Pada saat pendaftaran, setiap calon Paskibraka tahun 2024 mendaftar secara sukarela, untuk mengikuti seleksi manajemen dengan menyampaikan surat pernyataan nan ditandatangani di atas materai Rp10.000,- mengenai kesediaan untuk mematuhi peraturan pembentukan Paskibraka dan penyelenggaraan tugas Paskibraka tahun 2024, dengan lampiran persyaratan calon Paskibraka nan mencantumkan tata busana dan sikap tampang Paskibraka, sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Deputi Diklat Nomor 1 tahun 2024," ujar Kepala BPIP Yudian Wahyu di dalam siaran pers nan diterima Rabu (14/8) petang.

(khr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional