BPJS Kesehatan Kerja Sama dengan Kominfo Blokir Nomor Ponsel dan Akun Medsos Penipu

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika memberantas maraknya kasus penipuan nan mengatasnamakan BPJS. Salah satu langkah nan diambil adalah memblokir nomor telepon dan akun media sosial nan menyebarkan info tiruan mengatasnamakan BPJS Kesehatan.

Kepala Humas BPJS Kesehatan, Rizky Anugrah menyebut selain bekerja sama dengan Kominfo, pihaknya juga melakukan sejumlah langkah untuk pencegahan. salah satunya, rutin memberi himbauan kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi penipuan."Himbauan-himbauan diberikan melalui kanal media sosial resmi," kata dia.

"Tentu upaya nan kami lakukan adalah mendorong kepada seluruh masyarakat selalu berhati-hati terhadap informasi, baik melalui panggilan maupun di beragam media sosial mengenai rekrutmen pegawai, alias hal-hal lain nan mengenai dengan BPJS Kesehatan," lanjut Rizky.

Rizky mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya perihal modus-modus penipuan yangkerap digunakan pelaku. Ia menghimbau kepada masyarakat untuk memverifikasi perihal tersebut langsung pada kanal-kanal resmi milik BPJS. "Selain itu juga kami mendorong pentingnya bagi masyarakat untuk tidak langsung percaya dan mencari kebenaran info melalui akun resmi BPJS Kesehatan," kata dia. 

Untuk mengetahui kebenaran info tersebut, kata dia, masyarakat bisa mengakses BPJS Kesehatan Care Center 165 alias mengunjungi laman resmi di BPJS Kesehatan.

Iklan

Masyarakat juga bisa mengakses akun resmi media sosial BPJS Kesehatan yanga terdapat di Facebook, Twiter, TikTok dan YouTube. "Melalui imbauan ini, kami berambisi masyarakat dapat terhindar dari upaya penipuan nan merugikan," tambahnya. 

Adapun sebelumnya, penipuan mengatasnamakan lembaga jasa kesehatan tersebut viral di media sosial X. Diketahui penipuan nan dilakukan melalui saluran telepon tersebut, mulai terjadi di awal tahun 2024. Namun, dalam pantauan Tempo, perihal tersebut tetap marak terjadi hingga kini. Penipuan lainnya nan terjadi adalah pembukaan lowongan kerja atas nama BPJS Kesehatan.

Pilihan editor: Arifin Tarif Sebut Biodiesel B40 Bisa Dijalankan Tahun Depan: Sudah Ada Kesepakatan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis