Brand Value BRI Naik 30 persen, Tertinggi di Asia Tenggara

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

INFO BISNIS - Kantar, firma terkemuka di bumi nan bergerak di bagian brand serta pemasaran dan info analitik pemasaran, mempublikasikan hasil riset dengan titel “Kantar BrandZ Top 30 Most Valuable Southeast Asian Brands 2024” pada Jumat, 26 Juli 2024. Dalam laporan tersebut, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias  atau tumbuh 30 persen secara year on year. 

Pertumbuhan brand value BRI ini tercatat paling tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan brand value perusahaan lain nan ada dalam daftar tersebut. Secara total, 30 perusahaan nan masuk dalam daftar tersebut berasal dari Indonesia, Vietnam, Thailand, Malaysia, Filipina dan Singapura dengan total brand value mencapai USS131,1 miliar.

Dalam risetnya, Kantar menggaris bawahi peran BRI dalam mendorong inklusi finansial di Indonesia. Selama ini, BRI telah menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia dengan menyediakan akses finansial nan luas dan mudah, terutama di wilayah terpencil.

"Aplikasi perbankan seluler BRImo nan merupakan mobile banking apps nan paling banyak diunduh di Indonesia terbukti mendorong inklusi keuangan, literasi digital, dan pengalaman pengguna nan luar biasa di seluruh pelosok negeri,” tulis Kantar.

Metode nan digunakan oleh Kantar dalam menghitung brand value sebuah perusahaan ialah dengan mengalikan antara finansial value dengan brand contribution. Kantar BrandZ secara unik menemukan brand value dengan menggabungkan persepsi mereka nan memengaruhi pasar saham dengan persepsi konsumen. 

Iklan

Untuk memahami seberapa besar kontribusi merek terhadap nilai upaya secara keseluruhan, pihaknya memeriksa info finansial perusahaan nan relevan dan menyingkirkan semua perihal nan tidak berangkaian dengan bisnis. "Kami juga melakukan penelitian kuantitatif nan berkepanjangan dan mendalam dengan lebih dari 170.000 konsumen dan pengambil keputusan upaya setiap tahun secara dunia untuk menilai sikap mereka terhadap hubungan dengan ribuan merek,” tulis Kantar.

Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengapresiasi hasil riset dari Kantar. Menurut dia, perihal ini membuktikan strategi komunikasi nan dijalankan telah selaras dengan capaian keahlian positif nan ditorehkan selama ini. 

“Pencapaian ini bakal memperkuat perseroan untuk mencapai aspirasi menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion pada tahun 2025,” ujar Hendy. (*)

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis