INFO BISNIS - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus menjalankan komitmennya untuk memperkuat sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui Program Pengusaha Muda BRILiaN (PMB) 2024. Program nan sekarang memasuki tahun keempat ini, dirancang unik untuk meningkatkan keahlian dan daya saing para pengusaha muda di Indonesia, sejalan dengan visi besar Indonesia Emas 2045.
Tahun ini, sebanyak 2.196 UKM telah mendaftar untuk mengikuti program ini, menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Menurut Director Commercial, Small, and Medium Business BRI, Amam Sukriyanto, PMB 2024 mempunyai misi untuk memberikan akibat positif nan lebih luas bagi pengembangan UKM di Indonesia. "Kami mau mendukung pengusaha muda agar dapat terus berkembang dan meningkatkan kapabilitas mereka," ujarnya.
Program ini diadakan di 10 kota, termasuk dua kota baru ialah Palembang dan Balikpapan, untuk menjangkau wilayah potensial di Sumatera dan Kalimantan. Pemilihan kota-kota ini merupakan strategi BRI untuk memperluas akses dan kesempatan bagi UKM di seluruh Indonesia, khususnya di area dengan potensi pertumbuhan ekonomi nan tinggi.
Iklan
Salah satu penemuan baru dalam PMB 2024 adalah penambahan kategori peserta nan sekarang berjumlah lima kategori, termasuk food & beverage, fashion & wastra, accessories & beauty, home décor & craft, dan healthcare/wellness. Pemenang dari tiap kategori bakal mendapatkan bingkisan total Rp390 juta serta kesempatan pinjaman dengan suku kembang subsidi 0 persen. Program ini juga menawarkan kesempatan kerjasama dengan pasar ritel, nan bakal membuka lebih banyak kesempatan bagi para pengusaha muda untuk memasarkan produk mereka.
Keberhasilan alumni PMB, seperti Orlenalycious dari Bali, menjadi contoh gimana program ini bisa meningkatkan omset upaya hingga 20-30 persen. Kisah inspiratif ini diharapkan dapat memotivasi generasi muda untuk terus mengembangkan upaya mereka dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.(*)