BRIN Sebut Kratom Potensial Jadi Bahan Baku Obat

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 11 Jul 2024 17:44 WIB

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan tanaman kratom sangat potensial untuk dijadikan sebagai bahan baku obat. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan tanaman kratom sangat potensial untuk dijadikan sebagai bahan baku obat. CNN Indonesia/Hamka Winovan

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan tanaman kratom sangat potensial untuk dijadikan sebagai bahan baku obat.

"Oh jelas (potensial untuk menjadi tanaman dan bahan baku obat). Dan itu nan sudah diputuskan di ratas berbareng Presiden," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko kepada CNNIndonesia.com, Kamis (11/7).

Laksana mengatakan penelitian lanjutan mengenai faedah tanaman kratom nan disebut mempunyai kandungan narkotika itu sudah rampung.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski begitu, kata dia, BRIN sekarang tetap terus meneliti guna menentukan dosis dari tanaman kratom tersebut.

"Riset tetap berlanjut, tetapi nan sudah diselesaikan sudah banyak, antara lain pengaruh psikotropika, potensi sebagai obat terapi kecanduan narkotika, potensi sebagai obat kanker, dan lain-lain. nan tetap bersambung adalah riset untuk penentuan dosis," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), BRIN, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk meneliti lebih lanjut faedah tanaman kratom nan disebut mempunyai kandungan narkotika.

Hasil riset lanjutan ditargetkan rampung pada Agustus 2024 untuk kemudian ditindaklanjuti dengan penetapan status tanaman dan pematangan izin tata kelola niaga komoditas kratom.

Instruksi itu diberikan Jokowi pada rapat internal tentang kebijakan dalam penanganan, pemanfaatan, dan perdagangan tanaman kratom di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (20/6).

"Presiden menekankan nan perlu dioptimalisasi adalah asas faedah kratom itu," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko usai rapat.

Moeldoko menyatakan bahwa Presiden Jokowi mendukung penuh pemanfaatan kratom andaikan dinyatakan kondusif secara kesehatan dan mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Selama masa riset, Badan Narkotika Nasional (BNN) RI meminta masyarakat tidak menggunakan alias mengonsumsi kratom selain untuk kepentingan penelitian.

(lna/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional