Buaya-buaya Lepas di Cianjur Dipindahkan ke Cikananga Sukabumi

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Lima buaya lepas akibat tembok penangkaran di Cianjur, Jawa Barat, nan jebol tengah pekan ini sudah sukses diamankan kembali.

Kini lima buaya tersebut dipindahkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) ke Cikananga, Sukabumi, Jawa Barat.

Kepala Resort Wilayah 5 Cianjur BKSDA Jabar Andri Irianto mengatakan lima ekor buaya nan dievakuasi dan dipindahkan itu adalah nan kabur saat tembok penangkaran jebol pada Rabu lalu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi dari puluhan buaya nan dititipkan di penangkaran ini, ada lima nan kabur. Tiga ekor kabur ke area galian C dan dua lainnya kabur ke pesawahan serta kali di dekat penangkaran. Jadi nan kabur itu nan langsung kami evakuasi," kata dia, Jumat (4/10).

Lima ekor buaya itu, katanya, dievakuasi untuk dititipkan sementara di pusat pengamanan satwa Cikananga, Sukabumi. Sebelumnya, buaya-buaya itu bakal dititipkan ke Taman Safari Indonesia.

"Awalnya bakal dititipkan ke Taman Safari Indonesia. Tapi dari taman safari memfasilitasi truk angkutnya. Jadi akhirnya diputuskan dibawa dan dipindahkan ke Cikananga," kata Andri.

Mengutip dari detikJabar, proses pemindahan buaya nan kabur dari penangkaran di Kampung Gunung Calung, Kelurahan Sayang  Cianjur tersebut melibatkan banyak personel. Bahkan, petugas kewalahan saat melakukan proses pemindahan pada Kamis (3/10) malam tersebut.

Lima ekor buaya dengan ukuran 3 meter itu diangkut dengan menggunakan dua unit truk.

Untuk mengangkut setiap ekor buaya nan beratnya nyaris 100 kilogram tersebut ke atas truk memerlukan setidaknya 10 orang.

Bahkan tampak petugas BKSDA nan dibantu personil kepolisian dan pegawai Kecamatan Cianjur pun kewalahan saat mengangkut buaya ke atas truk. Setiap melangkah 5 meter petugas beristirahat untuk mengumpulkan tenaga mengangkut buaya-buaya tersebut.

Setelah tiga jam lebih, akhirnya lima ekor buaya sukses diangkut untuk dipindahkan ke penangkaran baru nan lebih representatif.

Evakuasi berjenjang puluhan buaya

Setelah lima ekor buaya nan semula lepas, abdi negara juga bakal memindahkan berjenjang puluhan hewan sejenis nan ada di penangkaran Cianjur tersebut.

Andri mengatakan untuk sementara pihaknya bakal memperkuat kondisi tanggul agar tidak terjadi lagi tanggul jebol dan buaya kabur.

"Sementara penguatan tanggul dulu, tentunya juga untuk menghindari hal-hal nan tidak diinginkan, dan kelak juga ke depannya kita bakal pemindahan kembali," tuturnya.

Di sisi lain, Andri mengungkapkan, pihak BKSDA telah menitipkan puluhan buaya ke penangkaran Cianjur sejak 2018. Namun pihaknya pun belum mengetahui jumlah pasti total pasti buaya untuk saat ini.

"Kita belum tahu pastinya berapa, paling kelak bakal terlihat jika sudah melakukan pemindahan selanjutnya, mungkin tidak bakal lebih dari 20 meski awal kabarnya ada 80 ekor nan dititipkan," kata Andri.

Baca buletin lengkapnya di sini.

(tim/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional