Bukan Rakernas, PDIP Umumkan Jadi Oposisi atau Koalisi di Kongres 2025

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 22 Mei 2024 20:41 WIB

PDIP bakal menggelar Rakernas akhir pekan ini di Ancol, namun Hasto mengatakan sikap politik partainya untuk pemerintahan mendatang mungkin setelah Kongres 2025. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (DPP PDIP)

Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP membuka kesempatan tak bakal mengumumkan sikap mereka untuk berada di dalam alias luar pemerintahan dalam Rakernas V nan bakal digelar 24-26 Mei alias pada akhir pekan ini.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto menyebut keputusan partainya soal itu berkesempatan baru bakal diumumkan pada Kongres partai pada 2025 mendatang.

"Kalau belajar dari kongres-kongres sebelumnya, lantaran ini merupakan perihal nan sangat strategis, itu rata-rata ditetapkan dalam kongres," kata Hasto dalam bertemu pers di instansi pusat partai, Jakarta, Rabu (22/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menyebut keputusan partainya untuk berada di dalam alias luar pemerintahan Prabowo Subianto ke depan sebagai perihal strategis. Nantinya dalam rakernas, kata Hasto, partai bakal meminta masukan dari para kader tingkat daerah.

Namun begitu, PDIP, kata Hasto, tetap bakal mempertimbangkan urgensi dan prioritas mengenai sikap tersebut.

"Sikap politik partai terhadap perihal tersebut bakal menerima masukan dalam Rakernas tetapi keputusan politik bisa dilakukan dalam rakernas, bisa juga dilakukan pada saat kongres nan bakal datang," katanya.

Rakernas bakal digelar di Beach City Internasitional, Ancol, Jakarta Utara dan bakal membahas sejumlah rumor strategis.

Agenda itu diantaranya mulai dari pertimbangan penyelenggaraan Pemilu dan Pilpres, pertimbangan internal, hingga persiapan jelang Kongres partai nan bakal digelar pada 2025 mendatang.

Hasto mengatakan Rakernas bakal dibuka dengan pidato Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Acara bakal dihadiri tiga pilar partai yakni, pengurus struktural, personil legislator, hingga para kepala daerah.

(thr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional