Buntut Adanya Sengkarut di Internal CNN Indonesia, Karyawan Bentuk Serikat Pekerja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Karyawan CNN Indonesia telah mendirikan serikat pekerja dan resmi tercatat di Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Kota Administrasi Jakarta Selatan. Pencatatan serikat pekerja ini tertuang dalam surat nomor e-0224/KT.03.01 nan ditandatangani Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Kota Administrasi Jakarta Selatan, Fidiyah Rokhim.

Serikat pekerja nan berjulukan Solidaritas Pekerja CNN Indonesia (SPCI) secara sah tercatat pada 27 Agustus 2024 dengan nomor pencatatan 949/SP/JS/VIII/2024. Ketua Umum SPCI, Taufiqurrohman mengatakan, kehadiran serikat pekerja ini sebagai wadah bagi tenaga kerja CNN Indonesia untuk berorganisasi dan memperjuangkan serta melindungi hak-hak para pekerja CNN Indonesia.

Taufiqurrohman bercerita sengkarut di CNN Indonesia hingga para pekerja tulis itu memutuskan mendirikan serikat. Ia menuturkan, desas-desus pemutusan kewenangan kerja (PHK) tampak senyap meski berjalan sejak November 2023. “Lalu kemudian belakang kebijakan perusahaan melakukan pemotongan upah,” ujarnya di Kantor Themis Indonesia pada Sabtu, 31 Agustus 2024.

Dari pelbagai rentetan itu, kata dia, sekitar 201 orang tenaga kerja menolak pemotongan. Kemudian, kata dia, kebijakan PHK nan dianggap mau mengurangi biaya operasional, tapi tak ada rancangan kreasi strategi ke depan untuk PHK gimana mengembalikan situasi ini, tapi malah kemudian terjadi perubahan kebijakan, untuk keputusan pemotongan upah. “Nah dari ketidakjelasan itu, akhirnya lantaran banyak penolakan, waktu itu kami sengaja membikin pernyataan surat terbuka nan sempat beredar,” katanya.

Taufiqurrohman juga mengatakan ada pertemuan dengan penjelasan manajemen namun itu tak memadai. Dalam perundingan, perusahaan menolak lantaran tak terjadi kesepakatan, dan tenaga kerja kemudian menolak hasil bipartit dan manajemen. “Jadi tertuang di situ, keputusan pemotongan bayaran sepihak bakal tetap dijalankan. Silakan bagi teman-teman nan menolak, meneruskan tahapan prosesnya selanjutnya,” ujarnya.

Namun, kata dia, dalam bipartit tertuang pemotongan bayaran berada pada kisaran 0 hingga 35 persen. Manajemen menyatakan juga dapat potongan 50 persen. Namun dia memastikan. “Yang bisa kami konfirmasi itu 0-35 persen pekerja. Sementara nan 50 persen bagi manajemen nan dipotong, ya kami tidak bisa menyatakan lantaran kita bisa tahu klaimnya lantaran tidak ada bukti apapun,” ujarnya.

Iklan

Sementara seorang personil SPCI, Yulia Adiningsih, membacakan deklarasi peluncuran serikat pekerja CNN Indonesia. Ia menuturkan, kebebasan berserikat merupakan kewenangan konstitusional setiap pekerja sesuai UUD 1945 Pasal 28 dan 28E ayat 3, Pasal 24 Ayat 1 UU HAM, serta UU Nomor 21 tentang Serikat Pekerja.

Yulia mengatakan, pekerja sebagai penduduk negara mempunyai kesamaan kedudukan dalam hukum, kewenangan untuk mendapatkan pekerjaan dan kehidupan nan layak. Kata dia, pekerja bisa mengeluarkan pendapat, berkumpul, dan berorganisasi serta mendirikan dan menjadi personil serikat pekerja dan tak boleh dilarang oleh perusahaan alias pihak lain.

“Kami mendeklarasikan berdirinya Solidaritas Pekerja CNN Indonesia alias SPCI sebagai serikat pekerja sekaligus rumah perjuangan bersama. Deklarasi ini dilakukan secara sukarela dengan semangat solidaritas sebagai sesama pekerja,” kata Yulia.

Pilihan editor: BPS: Mayoritas Kelas Menengah Tinggal di Perkotaan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis